Buru Penyelundup, Bakamla Luncurkan Kapal Berkecepatan Tinggi

By Indonesia Maritime News 17 Des 2022, 21:09:25 WIB Maritim
Buru Penyelundup, Bakamla Luncurkan Kapal Berkecepatan Tinggi

Keterangan Gambar : Bakamla meluncurkan satu unit kapal berkecepatan tinggi buatan dalam negeri. Foto: Humas Bakamla


Indonesiamaritimenews.com    ( IMN), BATAM: Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI meluncurkan satu unit kapal berkecepatan tinggi. Kapal tersebut diproduksi di Batam, Kepulauan Riau.

Kepala Bakamla, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia mengatakan, kapal bernomor lambung HSC 32-03 ini merupakan kapal ketiga di kelasnya. Kapal tersebut dinilai sangat diandalkan dalam penegakan hukum, khususnya di wilayah perbatasan yang beepotensi rawan penyelundupan. 

Hadirnya kapal tersebut diharapkan mampu membuat penyelundup gentar. "Secara tidak langsung akan menekan niat dan mereduksi aktivitas penyelundupan,” jelas Aan dalam keterangan tertulis dikutip Sabtu (17/12/2022).

Baca Lainnya :

Adapun spesifikasi kapal tersebut:  panjang 14.30 meter, lebar 3.3 meter. Badan kapal, terbuat dari aluminium dengan mesin 3 x 425 HP. Sedangkan kecepatannya mencapai 65 knots dengan akomodasi enam orang.

Dijelaskan Aan Kurnia, karakteristik penyelundupan di perbatasan saat ini bergerak menggunakan kapal berkecepatan tinggi. Sehingga untuk menghadapinya diperlukan aset patroli yang memiliki kecepatan tinggi pula.

Aan mengucapkan terima kasih atas keberhasilan dari PT Palindo dalam membangun kapal tersebut. Hal ini sebagai wujud kemampuan industri maritim dalam negeri menghadapi keamanan maritim nasional.

"Saya berharap ke depan Bakamla dapat mengadakan HSC lebih banyak lagi dengan penambahan mesin 4 x 425 HP sehingga dapat mencapai kecepatan 70 knots," tandas Aan Kurnia. (Arry/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook