Buntut Tragedi Kanjuruhan Tewaskan 125 Orang, Kapolres Malang Dicopot

By Indonesia Maritime News 03 Okt 2022, 20:59:59 WIB Olahraga
Buntut Tragedi Kanjuruhan Tewaskan 125 Orang, Kapolres Malang Dicopot

Keterangan Gambar : Kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.Foto:Ist


Indonesiamaritimenews.com (IMN),MALANG : Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 jiwa, mulai disidik kepolisian. Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dicopot dari jabatannya karena menjadi salah satu pihak yang bertanggung jawab.

Ferli dimutasi ke Pamen SDM Mabes Polri. Jabatan yang ditinggalkannya akan diisi oleh AKBP Putu Kholis Aryana yang kini menjabat sebagai Kapolres Tanjung Priok.

Pencopotan Ferli diungkapkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Senin (3/10/2022). "Kapolri memutuskan menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang," kata Dedi Prasetyo. Selain Kapolres Malang, sejumlah komandan kesatuan Brimob juga dicopot.

Baca Lainnya :

Tindakan pencopotan kapolres adalah buntut dari kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) yang menewaskan 125 orang. Kericuhan terjadi usai laga Derby Jatim antara Aremania FC vs Persebaya dengan skor 2-3. Polisi melepaskan tembakan gas air mata hingga membuat penonton di tribun panik. 

Ribuan orang berebut berdesak-desakan berusaha keluar dari stadion hingga banyak yang terinjak-injak serta sesak nafas. Sebanyak 125 orang tewas termasuk 2 polisi, sementara 300 lebih dirawat di rumah sakit.

Presiden Joko Widodo memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusut kasus ini. Kasus ininpun menjadi keprihatinan dunia sepak bola internasional.

Kapolri Listyo Sigit segera terbang ke Malang dan memimpin langsung tim penyelidik dari Mabes Polri. Timsus Polri telah memeriksa 18 anggota Polri yang dinilai bertanggung jawab. Sejumlah pejabat penyelenggara Liga 1 2022 pekan ke 11 antara Arema FC vs Persebaya juga dimintai keterangan. Antara lain Ketua PSSI Jawa Timur, Direktur LIB,  Kadispora Jawa Timur, ketua panitia penyelenggara dan sejumlah pihak lainnya.

Hasil pemeriksaan tersehut akan menjadi dasar tindakan selanjutnya hingga ke proses penyidikan. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment