Banjir Bandang Ternate Renggut 13 Nyawa, TNI AL dan Tim SAR Gabungan Bergerak Cepat

By Indonesia Maritime News 26 Agu 2024, 06:24:35 WIB News
Banjir Bandang Ternate Renggut 13 Nyawa, TNI AL dan Tim SAR Gabungan Bergerak Cepat

Keterangan Gambar : Prajurit TNI AL dan Tim SAR Gabungan membantu warga yang terdampak banjir bandang di Ternate, Maluku Utara. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Banjir bandang yang melanda wilayah Keluarahan Rua Kota, Ternate, Maluku Utara, Minggu (25/8/2024) telah merenggut nyawa 13 warga. Pangkalan TNI AL (Lanal) Ternate bersama Tim SAR Gabungan bergerak cepat merespon dan membantu mengevakusi warga yang terdampak bencana.

Komandan Lanal Ternate, Kolonel Laut (P) Supriadi menjelaskan, Minggu dini hari sekitar pukul 04.00 WIT telah terjadi banjir bandang di Kelurahan Rua Kota Ternate. Sejumlah rumah warga hancur, sebagian terendam lumpur serta menelan korban jiwa.

“Sampai saat  ini Prajurit Lanal Ternate bersinergi dengan tim SAR gabungan yang melibatkan Basarnas, Kodim 1501/Ternate, Polsek Pulau serta masyarakat masih membantu melakukan pencarian korban yang di perkirakan masih terdapat korban yang terendam lumpur,” ungkap Kolonel Laut Supriadi.

Hingga saat ini, akses jalan dari Kelurahan Rua ke kota maupun sebaliknya tidak bisa dilewati dan jaringan listrik serta internet di lokasi juga terputus. Personel TNI AL dan Tim SAR gabungan masih terus membantu merelokasi warga yang terdampak serta membantu kebutuhan mereka.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir bandang selama dua pekan ke depan. Tim SAR gabungan saat ini masih fokus melakukan evakuasi serta mencari kemungkinan masih ada warga yang terdampak bencana.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL, untuk senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan dalam merespon cepat penanggulangan becana alam yang terjadi di wilayah kerjanya, serta kehadiran TNI AL diharapkan dapat memberikan manfaat serta membantu kesulitan masyarakat. (Riz/Oryza)

Baca Lainnya :





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook