Xi Jinping Sedih, Putin Berduka, Ini Deretan Pemimpin Dunia Belasungkawa Gempa di Cianjur

By Indonesia Maritime News 23 Nov 2022, 14:02:52 WIB Politik
Xi Jinping Sedih, Putin Berduka, Ini Deretan Pemimpin Dunia Belasungkawa Gempa di Cianjur

Keterangan Gambar : Presiden China, Xi Jinping dan Istri saat KTT G20 di Bali. Foto: ist


Indonesiamaritimenews.com   (IMN), JAKARTA: Musibah gempa bumi dengan korban jiwa ratusan orang di Indonesia menuai simpati para pemimpin dunia. Seperti Presiden Rusia Vlamidir Putin, Presiden, Presiden China Xi Jinping, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) dan tokoh lainnya menyampaikan duka cita.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan langsung ucapan belasungkawa melalui akun Twitter resmi Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia. “Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim ucapan berduka cita kepada Presiden Indonesia @jokowi,” tulis akun @RusEmbJakarta, dikutip Rabu (23/11/2022).

Putin menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam atas bencana tersebut, mengingat banyaknya korban jiwa dan kerusakan besar. 

Baca Lainnya :

“Saya minta menyampaikan ucapan simpati dan dukungan yang tulus kepada keluarga dan kerabat mereka yang tewas, serta harapan penyembuhan secepatnya kepada semua orang yang menderita akibat bencana ini,” ucap Putin. “Terimalah ucapan belasungkawa yang mendalam berkaitan dengan jatuhnya banyak korban jiwa dan kerusakan besar akibat gempa di provinsi Jawa Barat.”

PRESIDEN PRANCIS PERTAMA UCAPKAN

Selain Putin, Presiden Prancis Emmanuel Macron menyampaikan duka dalam bahasa Indonesia. Melansir AFP, Presiden Prancis Emmanuel Macron disebut sebagai pemimpin dunia pertama yang menyampaikan ucapan belasungkawa.

"Pagi ini, Indonesia terguncang gempa kuat yang membawa kehancuran dan memangsa nyawa. Duka cita mendalam untuk para korban. Prancis turut solider," kata dia di akun @EmmanuelMacron.

PRESIDEN CHINA

Presiden China, Xi Jinping menyatakan ia merasa sedih mendengar gempa di Cianjur, Jawa Barat, menelan banyak korban jiwa serta harta benda. Ia menyatakan atas nama pemerintah dan rakyat China, Xi menyampaikan belasungkawa mendalam dan simpati yang tulus kepada keluarga korban.

Dilansir dari kantor berita dan surat kabar Xinhua, Rabu 23 November 2022, Xi juga mengatakan ia yakin  di bawah kepemimpinan Jokowi dan pemerintah Indonesia, masyarakat di daerah yang terdampak pasti akan dapat mengatasi bencana, serta membangun kembali rumah-rumah mereka.

MENLU AMERIKA

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken juga menyampaikan keprihatinannya.  Dia menegaskan AS akan tetap bersama rakyat Indonesia dalam keadaan yang sulit ini.

"Kami turut berduka cita atas bencana gempa bumi dahsyat di Jawa Barat. Kami berdiri bersama rakyat Indonesia dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada masyarakat yang terkena dampak selama masa sulit ini," tulisnya.

PM INGGRIS

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak juga menyampaikan simpati dan pesan duka. Sunak juga mendukung masyarakat Indonesia untuk bertahan dan pulih dari bencana. Melalui akun twitter, melalui cuitan di akun resmi dia mengaku terkejut. 

“Baru pekan lalu, saya merasakan langsung kehangatan, kemurahan hati, dan kebaikan orang Indonesia. Pikiran saya bersama mereka sekarang,” tulis Sunak dalam cuitannya, dikutip Rabu (22/11/2022).

PM AUSTRALIA

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese juga menyampaikan duka melalui akun Twitter. Negeri Kanguru siap untuk memberikan bantuan pemulihan pasca bencana gempa bumi Cianjur.

"Hati saya bersama Indonesia hari ini setelah gempa dahsyat di Jawa Barat. Belasungkawa terdalam saya kepada semua keluarga dan komunitas yang terkena dampak," kata Anthony Albanese.

"Australia siap membantu teman dan tetangga kita saat mereka merespons dan pulih."

PM KANADA

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau juga mengirimkan belasungkawa. Dia mengatakan Ottawa siap membantu dengan cara apa pun.

Sebelumnya indonesiamaritimenews.com memberitakan, gempa berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin 11 November 2022 pukul 13.21 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer barat daya Cianjur. Bencana alam ini mengakibatkan 268 orang meninggal dunia, 151 hilang, dan 1.083 warga terluka.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, gempa juga mengakibatkan 6.570 rumah rusak berat, 2.071 rumah rusak sedang dan 12.641 rumah rusak ringan. (Riz/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment