Warga Gondol Rp 25 Juta, Kampung Unggulan TPS Sabet Juara I Penataan Lingkungan

By Indonesia Maritime News 30 Agu 2024, 13:09:56 WIB BUMN
Warga Gondol Rp 25 Juta, Kampung Unggulan TPS Sabet Juara I Penataan Lingkungan

Keterangan Gambar : Warga RT 03 RW 03 Kelurahan Perak Barat, Surabaya, senang menjadi juara 1 lomba Kampung Unggulan yang dibina oleh Terminal Petikemas Surabaya. Foto: TPS



Indonesiamaritimenews.com (IMN), SURABAYA:  Cerita semarak  memperingati HUT ke 79 RI  2024 meninggalkan kebahagiaan dan kebanggaan.  Apalagi warga  yang berhasil menggondol Rp 25 Juta, kampungnya tampil sebagai pemenang.

Lebih bahagia lagi Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Betapa tidak, kampung binaannya itu, menjadi kampung unggulan  yang berhasil menyabet  Juara I Penataan Lingkungan.

Baca Lainnya :

Sisi sosialnya, kegiatan itumempererat persatuan dan kepedulian sebagai bangsa, melalui semangat gotong royong dan kebersamaan.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI di lingkup Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) adalah Lomba Penataan Lingkungan dengan tema Kemerdekaan dan Pelabuhan di sekitar wilayah pelabuhan yang diikuti anak perusahaan. Masing-masing mengusulkan kampung unggulan.Salah satunya    PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS).

Erika Palupi, Sekretaris Perusahaan TPS menjelaskan selama ini engagement antara TPS dengan kampung- kampung yang berasa di sekitar lokasi perusahaan, telah terjalin dengan baik, hingga mapping potensi kampung-kampung yang dapat diusulkan ikut serta dalam lomba dapat tergambar. “Setiap kampung memiliki keunikan dan program unggulan masing-masing,  kesemuanya berpotensi  mendapatkan penilaian yang baik dalam lomba ini," jelas Erika.    

Dalam lomba ini, TPS mengikutsertakan RT 03 dan RT 06 dari RW 03 Kelurahan Perak Barat sebagai kampung unggulan. Pertimbangan TPS dalam mengusulkan 2 kampung ini adalah kebersamaan dan gotong royong warga sangat baik. Beberapa program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan tinggal yang nyaman serta peningkatan kesejahteraan warga terlaksana seperti Instalasi Pemurnian Air Limbah (IPAL), yang berfungsi untuk mengolah air limbah dengan cara yang ramah lingkungan. Kemudian usaha ternak, sayur hidroponik serta pembentukan bank sampah RT.

Hasil penjurian yang terdiri dari perwakilan anak usaha SPTP, salah satu kampung unggulan TPS, yaitu RT 03 RW 03 Perak Berat berhasil meraih juara pertama dan berhak mendapatkan hadiah berupa dana pembinaan kampung senilai Rp. 25.000.000,- (Dua puluh lima juta Rupiah). Penyerahan hadiah secara simbolis disampaikan langsung oleh Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di halaman kantor Pelindo Sub Regional Jawa tanggal 17 Agustus 2024. 

Ketua RT 03 RW 03 Kel Perak Barat, Setya mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya bahwa RT-nya berhasil meraih juara dalam lomba ini. “Senang dan bangga tentunya. Upaya yang kami lakukan selama ini mendapatkan apresiasi. Terima kasih kepada TPS yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk dapat menunjukkan program-program kami melalui lomba penataan kampung ini”, ungkap Setya dengan rasa bangga.

TPS ikut senang atas capaian yang diraih RT 03, lanjut Erika, "Semoga semua hal baik yang sudah berjalan di RT 03 dapat terus dikembangkan. Apalagi ada dana pembinaan yang telah diterima, begitu ya Bu RT?” sapa Erika kapada Setya, yang langsung diiyakan dan menganggukan kepala.

Upaya mendukung penataan lingkungan di kampung sekitar TPS akan terus dilakukan dalam waktu dekat akan dibentuk Bank Sampah terpadu di RW 03 Perak Barat sebagai salah satu program strategis TJSL SPTP yang diturunkan ke TPS.

Erika berharap pembentukan bank sampah di tingkat RW ini, yang nanti akan menjadi hub dari bank sampah yang ada di sepuluh RT pada lingkup RW 03 Perak Barat ini, tidak hanya akan meningkatkan kesadaran lingkungan, tetapi juga memberikan nilai tambah secara ekonomi bagi warga setempat. (Arry/Oryza) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook