Gandeng Pakar Gizi UI, Pelindo Gelar Program Edukasi Kantin Sehat

By Indonesia Maritime News 26 Agu 2024, 07:08:49 WIB BUMN
Gandeng Pakar Gizi UI, Pelindo Gelar Program Edukasi Kantin Sehat

Keterangan Gambar : PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama Institute for Sustainability and Agility menyelenggarakan Program 'Kantin Sehat'. Foto: Pelindo



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama Institute for Sustainability and Agility menyelenggarakan Program 'Kantin Sehat'. Program ini merupakan edukasi soal kantin sehat dan pelatihan ilmu gizi.

Acara yang diselenggarakan yang Sabtu (24/8/2024) di Kantin Terminal Penumpang Tanjung Priok ini, diikuti oleh sekitar 50 peserta terdiri dari para pemilik kantin di sekitar area pelabuhan Tanjung Priok. Acara ini diisi dengan kegiatan edukasi kantin sehat dan ilmu gizi serta praktik langsung pembuatan masakan sehat.

Baca Lainnya :

Salah satu garda terdepan dalam mendukung kesehatan di lingkungan pelabuhan adalah kantin-kantin yang berada di area pelabuhan. Oleh sebab itu, untuk menjaga positive wellbeing para pekerja di pelabuhan, para penjual makanan perlu mempunyai pemahaman dalam mengelola makanan yang sehat bagi pembeli.

Dengan meningkatnya kesadaran pdagang akan pentingnya makanan sehat dan higienis, diharapkan makanan yang mereka jual akan jauh lebih memperhatikan aspek kesehatan dan kebersihan, sehingga dapat mendukung kesehatan para pekerja dan penumpang kapal di pelabuhan.

Acara ini mengundang pakar gizi dan praktisi, yaitu Triyanti, SKM, MSc yang merupakan Dosen Ilmu Gizi Universitas Indonesia dan Syafrudin Banjer atau biasa dikenal Chef Uthe yang juga merupakan Ketua Indonesian Chef Association (ICA) Jakarta.

Executive Director 2 Regional 2 Pelindo, Drajat Sulistyo  menyampaikan, kesehatan tentunya sangat berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi. "Upaya keberlanjutan kami ini tentu didasari dari kesehatan dan kualitas hidup bagi pekerja dan komunitas di lingkungan sekitar kami yang baik," kata Drajat.

"Tentunya kesehatan kaitannya erat sekali dengan makanan yang kita makan, sehingga kantin-kantin di lingkungan kerja kami menjadi garda terdepan kami untuk mendukung upaya keberlanjutan ini. Maka dari itu melalui program ini harapannya kualitas makanan yang dihasilkan oleh kantin-kantin di Pelindo ini menjadi lebih berkualitas baik dari segi higienitas dan gizinya.” ujar Drajat.

Sementara itu Presiden Direktur dari Institute for Sustainability and Agility (ISA), Maria Rosaline Nindita Radyati PhD menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo atas kegiatan ini.

“Saya mengapresiasi Pelindo yang terus memperhatikan stakeholders di sekitarnya agar terus bisa mengimplementasikan program keberlanjutan," kata Maria yang juga salah satu pakar di bidang ESG/Sustainability dan CSR di Indonesia.

"Tentu, aspek kesehatan dan kualitas hidup (health and wellbeing) ini juga perlu dukungan dari komunitas sekitar yaitu kantin itu sendiri yang menyediakan makanan untuk para karyawan maupun penumpang," sambung dia.

Selepas acara pelatihan, para peserta mengikuti sesi demo masak masakan sehat yang diisi oleh Chef Uthe dan dilanjutkan dengan lomba masak bagi peserta.

Antusias para peserta lomba sangat terlihat saat menampilkan hasil masakan kepada para juri. Dari hasil penilaian tersebut didapatkan 3 pemenang yang masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai, peralatan memasak dan buku masakan sehat.

Sudarni, peserta lomba dari Kantin Warung Mak Dyaaarni mengatakan sangat senang dengan program kantin sehat dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pelindo.

"Saya jadi terinspirasi, serta memotivasi saya untuk berinovasi membuat menu baru untuk jualan saya dan menjadikan kantin saya lebih sehat lagi, saya juga mendapatkan banyak pembelajaran memasak yang benar oleh Chef Uthe, saya harap acara seperti ini bisa diadakan terus dengan kami," tandas Sudarmi. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook