Transaksi Narkoba Sekalian Nyabu di Dermaga Pelabuhan, Kurir Disergap TNI AL

By Indonesia Maritime News 03 Nov 2023, 07:33:59 WIB Hukum
Transaksi Narkoba Sekalian Nyabu di Dermaga Pelabuhan, Kurir Disergap TNI AL

Keterangan Gambar : TNI AL dan Tim F1QR menyergap seorang kurir narkoba dan teman wanitanya di Dermaga Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang, Aceh. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com ( IMN) JAKARTA: TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Sabang menyergap seorang kurir narkoba di Dermaga Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang, Aceh. Saat ditangkap ia sedang nyabu (mengonsumsi sabu) bersama seorang teman wanitanya. Satu orang lainnya melarikan diri saat dilakukan penyergapan.

Penyergapan dilakukan di Dermaga Pelabuhan CT-3 BPKS Sabang, Desa Kuta Timur, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Selasa (31/10). Dari tangan terduga pelaku disita narkoba jenis shabu, seperangkat alat isap sabu dan uang tunai.

Baca Lainnya :

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Son Haji Hariyoko, menjelaskan kronologis kejadian berawal pada pukul 02.30 WIB Tim F1QR Lanal Sabang  melaksanakan patroli.  Saat tim melintas di sekitar Dermaga CT-3 BPKS Sabang, tim melihat dan mencurigai 1 unit kendaraan roda empat yang terparkir dalam kondisi mesin hidup.

Selanjutnya Tim F1QR Lanal Sabang memeriksa kendaraan tersebut dan menemukan 2 orang sedang mengkonsumsi sabu didalam mobil, sedangkan 1 orang lainnya melarikan diri kearah semak belukar.

Setelah dilakukan pengembangan terhadap pria yang ditangkap, didapatkan data bahwa 1 orang yang melarikan diri berinisial A merupakan bandar sabu di wilayah Sabang. Tim F1QR Lanal Sabang bekerjasama dengan stakeholder terkait di wilayah Sabang terus mencari keberadaannya.

Kolonel Son Haji mengatakan, keberhasilan penangkapan kurir narkoba di Kota Sabang tersebut tidak lepas dari adanya hubungan kerjasama yang baik antara Lanal Sabang, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh dan aparat terkait lainnya.

"Hal ini diharapkan dapat menjadi efek jera bagi pengguna dan pengedar narkoba, serta mengurangi dampak negatif kepada generasi muda khususnya di Sabang", ujar Danlanal Sabang.

Dari hasil penangkapan tersebut, selain diamankan seorang diduga kurir narkoba berinisial AF bersama 1  teman wanitanya, beberapa barang bukti lain disita seperti 3 gram sabu dalam kemasan, 1 unit mobil, 2 timbangan elektronik, alat hisap sabu, kaca pirek.

Disita pula senjata tajam uang tunai Rp 886.000 dan beberapa barang lainnya yang berhasil diamankan oleh Tim F1QR Lanal Sabang. Selanjutnya kasus ini diserahkan ke Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh untuk proses dan pengembangan lebih lanjut.

Dalam berbagai kesempatan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan bahwa peranan TNI AL bukan hanya menjaga keamanan negara dari beragam ancaman di perbatasan saja, tetapi juga meningkatkan kewaspadaan dan merespon cepat informasi yang diterima guna mencegah praktek kejahatan terutama yang berkaitan dengan Narkoba. (Bow/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook