Pasca Merger dan Dihantui Wabah Covid 19 Laba Pelindo Meningkat 30 % Tahun 2022

By Indonesia Maritime News 24 Des 2022, 18:12:45 WIB Pelabuhan
Pasca Merger dan Dihantui  Wabah Covid 19  Laba Pelindo Meningkat  30 % Tahun 2022

Keterangan Gambar : Dirut PT Pelabuhan Indonesia Arif Suhartono. Foto: Property Of Indonesiamaritimenews.com


indonesiamaritimenews.com ( IMN), Kini Pelindo I, II, III dan IV tak ada lagi. Sebutannya berubah menjadi regional I, II, III dan IV yang membawahi cabang. Sesuai proyek strategis pemerintah digabung  atau merger menjadi satu bendera di bawah PT Pelabuhan Indonesia ( Persero).

Merger dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2021.  Pada saat itu dilakukan legal merger sesuai PP 101/ 2021 Penggabungan Pelindo dengan melakukan RUPSLB terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan akta penggabungan.

Pada penggabungan itu di antaranya disebutkan  tujuan merger   meningkatkan keunggulan operasional, komersial dan keuangan.

Baca Lainnya :

Kata terakhir, dari tujuan merger adalah keuangan. Setahun sudah merger dilakukan. Bagaimana dampak  terhadap hasil usaha dan keuangan PT Pelindo? Mampukah meningkatkan pundi keuangan perusahaan setelah merger?

Jawaban pertanyaan yang mengusik  ini pun ditunggu. Bila ditanya, " Bagaimana dampaknya,  bottom line perusahaan meningkat 30 persen di tahun 2022, " ungkap Arif Suhartono Dirut PT.Pelabuhan Indonesia menjawab pertanyaan indonesiamaritimenews.com tentang pendapatan perusahaan  sebelum dan sesudah merger pada Forum Group Discussion  ( FGD) PT Pelindo dengan Forum Wartawam Maritim (Forwami), di Gedung Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat       ( 23/12/2022).

Bila dipersentasikan, lanjut Arif menambahkan, laba perusahaan meningkat 30 % dibandingkan sebelum merger pada tahun 2021.

KONTRIBUSI ke NEGARA

Peningkatan pendapatan dan laba Pelindo ini membawa angin segar bagi pemasukan negara yang diasumsikan juga meningkat.

Group Head Management Integrasi Pelindo, Budi Pratomo, mengatakan spektrum integrasi bisnis Pelindo sangat kompleks. Pelindo setelah bergabung sekarang sudah memiliki dan mengoperasikan 110 pelabuhan di seluruh Indonesia di 32 Provinsi dan memiliki 88 cabang dengan total pegawai sekitar 25 ribu pegawai di seluruh Indonesia.

“Pasca merger, kita memiliki 4 sub holding yang baru dibentuk yang fokus pada bisnisnya masing-masing di bawah sub holding terdapat sekitar 58 anak usaha,” papar  Budi.

Menurut dia, transformasi di semua aspek merupakan hal penting, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis terhadap customer. "Transformasi juga mengantarkan Pelindo mampu berkolaborasi dan berkontribusi terhadap negara," ungkap Budi.

Menteri BUMN Erick Thohir di kesempatan berbeda yang di ekspose media, membantah BUMN merugi.Sebaliknya, Ia menjelaskan  BUMN berkontribusi kepada negara Rp1.198 triliun dalam bentuk pajak, keuntungan, hingga deviden.

Pada perjalanan 9 bulam BUMN  menorehkan laba Rp 155 triliun dengan pembukuan yang terkonsolidasi.

Keuntungan BUMN  itu dicapai di saat wabah covid 19 yang masih menghantui.Pencapaian itu didukung perusahaan-perusahaan BUMN  yang tetap eksis dan berhasil membukukan laba, salah satunya kontribusi dari PT Pelabuhan Indonesia ( Persero) yang baru setahun merger  berhasil meraih laba 30 %.   (M.Arifin Mukendar)

,




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook