MNEK 2023 Diikuti 36 Negara Dibuka Panglima TNI, Dimeriahkan Atraksi Pesawat Tempur

By Indonesia Maritime News 05 Jun 2023, 09:26:12 WIB Hankam
MNEK 2023 Diikuti 36 Negara Dibuka Panglima TNI, Dimeriahkan Atraksi Pesawat Tempur

Keterangan Gambar : Kegiatan MNEK 2023 yang diselenggaran TNI AL resmi dibuka oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Foto: Live Streaming TNI AL


Indonesiamaritimenews.com (IMN),MAKASSAR: Kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4 tahun 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (5/6/2023) pagi secara resmi dibuka. Opening Ceremony event internasional ini diawali dengan sambutan Penglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. 

Selanjutnya secara resmi MNEK 2023 dibuka ditandai dengan penekanan tombol oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasasti oleh Chief of Navy negara-negara peserta MNEK 2023. Acara yang berlangsung pada 5 Juni hingga 8 Juni 2023 inindiikuti oleh 36 negara.

Baca Lainnya :



Usai penandatanganan prasasti, seluruh peserta berfoto bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali dan Gubernur Sulawesi Selatan.

Acara dilanjutkan dengan demonstrasi pesawat-pesawat Bonanza milik TNI AL dari Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) yang tergabung dalam “Neptune Flight Harmony”. Para penerbang menyuguhkan atraksi dengan membentuk berbagai formasi serta manuver-manuver aerobatik yang menarik. 

Seperti demonstrasi Bonanza oleh Squadron 200 yang membentu formasi menarik dan mengeluarkan asap.merah putih di udara. Atraksi lainnya, formasi 3 pesawat Sukhoi 2730 persembahan Squadron 11 Sultan Hasanudin Makassar. Atraksi menarik lainnya adalah terjun payung oleh peterjun dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir. Para peterjun handal ini ikut mewarnai langit di kawasan Dermaga Soekarno Hatta, Makassar. 

Sebagai catatan, MNEK adalah latihan non-perang yang digelar oleh TNI AL bersama beberapa negara sahabat dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan. Tujuan kegiatan ini adalah mempererat kerja sama antara TNI AL dengan angkatan laut negara-negara sahabat.

Even internasional ini juga dimeriahkan dengan acara Maritime Exhibition, peresmian Monumen MNEK yang berada di Central Point Indonesia (CPI), Lorong Wisata, dan Hotel Claro yang menjadi titik kumpul untuk para perwakilan delegasi negara di dunia. (Arry/Oryza))




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook