Bikin Keluarga Soekarno Bangga, ini Spesifikasi Kapal KRI Bung Karno-369

By Indonesia Maritime News 03 Jun 2023, 16:51:34 WIB Hankam
Bikin Keluarga Soekarno Bangga, ini Spesifikasi Kapal KRI Bung Karno-369

Keterangan Gambar : Keluarga besar Bung Karno bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Arianto dan pengamat militer Connie Bakrie menjajal KRI Bung Karno-369. Foto: Dispenal


Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Keluarga besar Bung Karno bangga nama proklamator disematkan jadi nama salah satu kapal armada TNI Angkatan Laut. Presiden ke-5 RI yang juga putri proklamator, Megawati Soekarnoputri  berharap KRI Bung Karno-369 bisa berkeliling Tanah Air bertemu rakyat.

Dalam keterangan resmi TNI AL disebutkan, KRI Bung Karno–369 dibangun oleh produsen pertahanan dalam negeri, PT Karimun Anugrah Sejati, di Batam. Kapal ini memiliki panjang 73 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 5 meter. 

Kapal ini adalah kapal korvet pertama buatan dalam negeri. Korvet Bung Karno memiliki berat 650 ton dengan prajurit pengawak sebanyak 55 orang.

Baca Lainnya :

Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan jelajah 22 knot serta kecepatan maksimal 24 knot. KRI Bung Karno-369 dilengkapi dengan satu Meriam Leonardo 40 mm, dua Senapan Mesin Berat 20 mm, dan dua Peluncur Rudal Permukaan ke Udara. Bung Karno nantinya juga akan dilengkapi dengan terpedo dan sonar. 

Selain itu KRI Bung Karno  dirancang mampu membawa helikopter Panther dan memiliki helidek yang mirip dengan korvet kelas Bung Tomo. 

KRI Bung Karno–369 akan memperkuat jajaran Koarmada I TNI AL yang bermarkas di Tanjung Pinang. Kapal ini akan bertugas menjadi Kapal Kepresidenan RI menggantikan KRI Barakuda–633 yang sudah bertugas selama 27 tahun.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sewaktu menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) pada 20 Juni 20222 mengatakan,  KRI Bung Karno-369 dibuat lebih panjang dari KRI Barakuda-633 serta memiliki performa yang lebih cepat.

"Kapal ini (KRI Bung Karno-369) akan memiliki senjata anti serangan udara dan disiapkan juga rudalnya dan ini memiliki hanggar heli, sehingga sewaktu-waktu presiden tidak naik dari dermaga tapi di tengah laut bisa menggunakan heli," kata Yudo Margono.

KELUARGA SOEKARNO 

Megawati mendapat kehormatan menggunting pita tanda peresmian kapal didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Bagi saya dan keluarga besar Soekarno ini merupakan sebuah kebanggaan, nama Bung Karno lebih tepat disematkan menjadi nama kapal, lantaran sosoknya ketika menjadi Presiden RI selalu dekat dengan rakyatnya. Saya berharap KRI Bung Karno bisa menjangkau lautan Tanah Air dan berkeliling bertemu rakyat," ucap Megawati saat peresmian kapal tersebut di Kolinlamil Jakarta Utara pada Kamis 1 Juni 2023 lalu bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila.  

Cucu Bung Karno, Puan Maharani yang juga Ketua DPR RI juga mengungkapkan hal senada. Ia bangga menyaksikan acara serah terima dan peresmian Kapal Korvet KRI Bung Karno. Apalagi kapal  perang ini 100 persen merupakan karya anak bangsa. 

Guruh Soekarno Putra, putra bungsu Bung Karno juga telihat senang dan terus menebar senyum ketika menjajal naik kapal tersebut. Sukmawati Soekarnoputri, juga ikut hadir. 

Hadir pula dalam acara tersebut Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Arianto serta pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie ikut menghadiri acara tersebut.

Sementara itu Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan akan dioperasionalkan dalam mendukung pelaksanaan operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP).

“Dalam kondisi damai, ini lebih diperuntukkan untuk kapal kepresidenan, tetapi apabila situasi mendesak bisa saja untuk keperluan kombatan full,” jelas Kasal. RIZ/ORYZA))




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook