Menlu Rusia Pulang Duluan Tinggalkan KTT G20 di Bali, Ada Apa ?

By Indonesia Maritime News 16 Nov 2022, 17:34:09 WIB Politik
Menlu Rusia Pulang Duluan Tinggalkan KTT G20 di Bali, Ada Apa ?

Keterangan Gambar : Menlu Rusia, Sergey Lavrov disambut oleh Menteri BUMN Erick Thohir saat tiba di Bali. Foto: Setpres


Indonesiamaritimenews.com ( IMN), JAKARTA: Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov tidak mengikuti agenda KTT G20 di Nusa Dua, Bali, hingga selesai. Dia pulang duluan meninggalkan Bali,  terbang kembali ke negaranya pada Selasa malam, (25/11/2022). Ada apa ?

Spekulasi pun berkembang tentang peyebab pulangnya Lavrov lebih cepat. Diduga ia kembali ke negaranya lebih karena isu invasi Rusia ke Ukraina menjadi tema cukup penting di forum G20. 

Lavrov  meninggalkan Bali pada Selasa malam setelah isu invasi ke Ukraina mendominasi forum di hari pertama. Seperti diketahui, KTT G20 di Bali dihadiri oleh 17 kepala negara, termasuk Joe Biden, Presiden Amerika Serikat.

Baca Lainnya :

Seperti prediksi para analis, isu Ukraina mendominasi KTT G20. Joe Biden mengatakan pihaknya dan sekutu menyoroti dampak invasi Rusia ke Ukraina di KTT G20, di antara sejumlah isu penting lainnya. Sekutu Amerika seperti Inggris, Kanada, Uni Eropa juga mengecam Rusia.

Posisi Lavrov di KTT G20 digantikan oleh Menteri Keuangan Rusia, Anton Siluanov. 

Pada hari pertama kegiantan G20, Lavrov ikut menyampaikan beberapa pandangannya saat rapat pleno tentang masalah ketahanan pangan dan energi dan pada sesi health care. Namun ketika acara gala dinner pada Selasa malam ia tidak terlihat hadir. Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga tidak hadir.

Kementerian Luar (Kemlu) RI mengakui soal kepulangan Lavrov ke negaranya.

"Benar kalau Menteri Luar Negeri Rusia telah kembali kemarin," kata Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, di Media Center KTT G20, Bali, Rabu (16/11/2022).

Namun, Faizasyah tak bisa menjelaskan soal alasan kepulangan Lavrov lebih awal. Hanya saja, menurut Faizasyah soal jadwal.kegiatan para petinggi negara baik.kedatangan maupun kepulangan tak.lepas dari faktor keamanan. 

"Memang masalah kedatangan dan kepulangan banyak menyangkut aspek keamanan ya. Saya tidak bisa mengonfirmasi," kata Faizasyah.

Informasi mengenai kepulangan  Lavrov awalnya dilaporkan kantor berita Rusia RIA Novosti seperti dilansir AFP, Rabu (16/11/2022). "Rusia akan diwakili Menteri Keuangan (Anton) Siluanov," kata sumber RIA.

Lavrov disebutkan sempat mengadakan sejumlah pertemuan bilateral, antara lain dengan Anggota Dewan Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, dan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, dan juga berbicara singkat dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron serta Kanselir Jerman Olaf Scholz. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment