Layani Pengguna Jasa Pelabuhan, ASN Tanjung Priok Harus Kuasai Public Speaking

By Indonesia Maritime News 23 Mei 2023, 19:54:55 WIB Pelabuhan
Layani Pengguna Jasa Pelabuhan, ASN Tanjung Priok Harus Kuasai Public Speaking

Keterangan Gambar : Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok menggelar acara Forum Kehumasan Pelabuhan Tanjung Priok. Foto: OP Tanjung Priok



Indonesiamaritimenews.com (ÌMN),JAKARTA: Keterampilan public speaking sangat dibutuhkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok. Komunikasi yang baik wajib dikuasai karena dalam tugasnya berhadapan dan memberi pelayanan kepada pengguna jasa pelabuhan. 

Hal ini dikatakan oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (Ka OP), Subagiyo  pada acara Forum Kehumasan Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (23/5/2023).

Baca Lainnya :

Acara Forum Kehumasan ini diselenggarakan oleh Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok di Jakarta Utara. 

Acara Forum Kehumasan kali ini mengambil tema “Pentingnya Penguasaan Public Speaking Dalam Optimalisasi Kinerja Kehumasan di Era Digitalisasi”.  

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka menjalin komunikasi, sinergitas dan koordinasi dengan seluruh unsur Pemerintah maupun Stakeholders Pelabuhan Tanjung Priok dalam upaya mewujudkan Pelabuhan Tanjung Priok yang bertaraf internasional dan berdaya saing.

Acara ini menghadirkan 2 narasumber yaitu, M Ikrar, Praktisi Kehumasan, dan Budi Rahardjo, Kepala Bagian Pemberitaan dan Media Massa. 

Adapun peserta dalam acara tersebut terdiri dari Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Unit Kehumasan dari Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) wilayah kerja Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, instansi

pemerintah, stakeholders, dan asosiasi di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.

PENTINGNYA KOMUNIKASI

Acara Forum Kehumasan dibuka oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (Ka OP),  Subagiyo 

Dalam sambutannya, ia menyampaikan tujuan dan beberapa hal pada acara Forum Kehumasan Pelabuhan Tanjung Priok.

“Komunikasi merupakan hal yang sangat esensial dalam kehidupan manusia, karena tanpa komunikasi seorang manusia mustahil untuk bisa menjalani kehidupannya sebagai makhluk sosial," kata Subagiyo.

"Public speaker merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang serta menyampaikan informasi yang menarik di depan orang banyak seperti pemateri dalam seminar," sambung dia. 

Sukses atau tidaknya public speaker disebabkan oleh bagaimana ia dapat mengkomunikasikan seluruh informasi tentang apa yang disampaikannya.

Melalui komunikasi atau bicara dapat disampaikan gagasan, mengubah pemikiran, menyentuh perasaan, memberikan solusi kepada mereka yang membutuhkan bahkan berkesempatan mengubah keadaan menjadi lebih baik”, papar Subagiyo.

Ia juga mengungkapkan, keterampilan public speaking sangat dibutuhkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nantinya akan berhadapan dengan pengguna jasa di Unit Pelaksana Tugas (UPT) masing-masing. 

Karena, jika hanya sikap percaya diri lebih yang dimiliki tidak disertai dengan kemampuan untuk mengkomunikasikan skill yang dimiliki dengan baik, akan menimbulkan dampak yang besar bahkan akan malah menimbulkan konflik.

“Melalui kegiatan Forum Kehumasan ini, diharapkan dampaknya dapat dirasakan langsung bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini. Komunikasi sangatlah penting untuk diasah baik dikehidupan

sehari-hari maupun di kehidupan kerja di kantor masing-masing dalam menjalankan peran sebagai ASN.

"Kemampuan public speaking sangatlah dibutuhkan agar tujuan dari peran tersebut tersampaikan dengan tepat. Untuk itu diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan dampak yang besar bagi peserta” tandasnya.

TINGKATKAN KEMAMPUAN 

Sementara itu Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (Ka OP), Rita EM Simanjutak  dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan dari

Forum Kehumasan Pelabuhan Tanjung Priok. “Forum Kehumasan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Tahun 2023 diselenggarakan dalam rangka memberikan ilmu dan pengetahuan bagi unit kehumasan instansi pemerintah dan stakeholder Pelabuhan Tanjung Priok," kata Rita.

Tujuannya agar dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal dalam situasi formal, informal maupun dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu sebagai sarana komunikasi, sinergitas dan pertukaran informasi antar unit kehumasan dan

instansi pemerintah dan stakeholder di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada

para narasumber yang telah memberikan wawasannya mengenai pentingnya public speaking. Tak lupa kami sangat mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartsipasi sehingga acara dapat berjalan dengan lancar”, tutup Rita. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook