Kejurnas Karate Piala Kasal Cup-3 Tahun 2024, Kasal: Junjung Tinggi Sportivitas dan Kejujuran

By Indonesia Maritime News 01 Mar 2024, 16:13:54 WIB Olahraga
Kejurnas Karate Piala Kasal Cup-3  Tahun 2024, Kasal: Junjung Tinggi Sportivitas dan Kejujuran

Keterangan Gambar : Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali berfoto bersama karateka. Foto: property of indonesiamaritimenews.com



Indonesiamaritimenewa.com (IMN), JAKARTA: Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menekankan, event pertandingan karate bukan bertujuan mencari kemenangan semata. Karena sebuah turnamen juga menjadi ajang silaturahmi dan pembinaan personel,  agar menghasilkan SDM unggul.

Hal ini disampaikan Kasal dalam sambutannya saat membuka turnamen Kejuaraan Nasional/Internasional Karate Piala Kasal Cup Ke-3 Tahun 2024 si Gedubg Olahraga (GOR) Gelanggang Remaja Jakarta Utara, Jumat (1/3/2024).

Baca Lainnya :

Kasal mengatakan, beladiri karate mengandung nilai-nilai yang selaras dengan nilai kemiliteran yaitu kejujuran, keberanian dan sopan santun.

"Nilai-nilai luhur tersebut merupakan pondasi kokoh untuk membentuk pribadi yang berjiwa ksatria, dengan semangat juang yang tinggi dan tidak kenal menyerah," tegas Laksamana Muhammad Ali.

Oleh karena itu keterampilan beladiri karate merupakan salah satu pilihan yang tepat dalam meningkatkan kemampuan fisik maupun mental yang wajib dimiliki prajurit.

Diungkapkan Kasal, sebagai salah satu seni olahraga beladiri yang sarat dengan filosofi ksatria, karate tidak hanya dapat meningkatkan disiplin dan pengendalian diri. Dengan pola.latihan intensif yang bertahap, bertingkat dan berlanjut, diharapkan dapat menghasilkan karateka-karateka yang , tanggap, tanggon dan trengginas dalam setiap penugasan.

"Hadirin dan para atlet yang saya banggakan. Selaku pimpinan TNI pada hari ini saya merasa bangga, berada di tengah-tengah para karateka sekalian. Di hadapan kita semua telah berdiri dengan tegap dan gagah, karateka-karateka pilihan peserta turnamen yang memancarkan semangat kepercayaan diri, serta optimisme yang tinggi untuk mengikuti pertandingan," urai Kasal.

Hal tersebut menurut Kasal membuktikan bahwa kita sebagai Bangsa Indonesia, merupakan pejuang-pejuang yang tangguh dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan. 

JUNJUNG NILAI KEJUJURAN

Dalam sambutannya, Laksamana Muhammad Alinjuga menekankan kepada seluruh official dan para karateka, bahwa Kejuaraan Karate Kasal Cup-3 Tahun 2024 merupakan event pertandingan yang tidak hanya semata-mata bertujuan untuk mencari kemenangan.

"Turnamen ini juga merupakan ajang silaturahmi para karateka, sebagai perwujudan pembinaan personel untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul, yang menjadi salah satu modal penting dalam pembangunan bangsa indonesia," tandas Kasal.

"Oleh karena itu saya berpesan kepada seluruh peserta agar selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan sportivitas. Selanjutnya kepada para juri, wasit dan panitia agar selalu menjalankan tugas sesuai fungsinya secara adil dan bertanggung jawab," tegas Kasal.

Ia juga menekankan soal aspek keamanan dan keselamatan agar pertandingan senantiasa dapat memberikan nilai tambah dan kontribusi yang positif.

Tak lupa Kasal juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Danpuspomal beserta staf yangbtelah menyelenggarakan turnamen dengan baik. "Saya berharap kejuaraan ini akan mampu melahirkan atlet karateka yang berprestasi dan dapat berkiprah dalam ajang kejuaraan baik tingkat nasional maupun di kancah internasional.

"Dengan memohon petunjuk dan bimbingan Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wata'ala, pada hari ini Jumat 1 Maret 2024 Kejuaraan Nasional Karateka Kasal Cup Ke-3 Tahun 2024 secara resmi saya nyatakan dibuka. Selamat bertanding, dan semoga Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita semua dalam memberikan karya terbaik bagi satuan, TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara tercinta," tutup Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali.

Hadir dalam.acara ini para pejabat utama Mabes TNI AL, Ketua Koni Pusat, Ketua PB Forki Ketua PP INKAI, Walikota Jakarta serta Forkopimda Kota Jakarta Utara. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook