Kapal Mengangkut 1.200 Ton Pupuk Terbakar di Pelabuhan Cilegon

By Indonesia Maritime News 30 Okt 2022, 21:44:09 WIB Hukum
Kapal Mengangkut 1.200 Ton Pupuk Terbakar di Pelabuhan Cilegon

Keterangan Gambar : Kapal barang MV Abu Samah terbakar saat tengah memuat 1.200 Ton pupuk.Foto: Ist


Indonesiamaritimenews.com (IMN),CILEGON : Kapal barang MV Abu Samah terbakar saat tengah memuat 1.200 Ton pupuk milik PT Pusri di Dermaga 3 PT Krakatau Internasional Port (KIP), Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, Minggu (30/10/2022).

Kepulan asap muncul pertama kali dari ruang mesin kapal sekitar pukul 05.10 WIB. Salah satu ABK yang bertugas di bagian mesin segera memberitahu teman-temannya untuk penyelamatan.

Petugas Basarnas Merak, Bambang Sumantri dalam keterangannya menyebutkan kapal itu sedang melakukan loading/memuat barang.

Baca Lainnya :

"Telah terjadi kebakaran di ruang mesin kapal Abu Samah yang sedang melakukan loading/memuat pupuk jenis Dea Amonium Phospat (DAP) milik PT PUSRI dengan PBM PT KJS dan Agen PT GTM, dan saat kejadian telah termuat sekitar 1.300 ton pupuk DAP dari sekitar 5.000 ton kapasitas muatan," kata petugas Basarnas Merak, Bambang Sumantri dalam keteranfan tertulis.

GENERATOR LISTRIK

Kasubdit Patroliairud Ditpolairud Polda Banten, AKBP Saidin kebakaran terjadi saat MV Abusumah tengah mengangkut muatan pupuk. Api diperkirakan bersumber dari generator listrik. "Terjadinya di dermaga," ungkap AKBP Saidin kepada wartawan.

Armada pemadam kebakaran dari sejumlah perusahaan industri di sekitar Cilegon segera didatangkan. Namun kobaran api semakin membesar. Proses pemadaman juga dilakukan menggunakan kapal lain dari Basarnas, Polair, dan TNI AL.

Khawatir api menjalar ke area pelabuhan, kapal akhirmya ditarik keluar dermaga menggunakan tugboat. "Awalnya memang di dermaga, khawatir merembet kemana-mana terjadi ledakan, diputuskan untuk ditarik ke tengah laut,” jelas Saidin. Kapal ditarik ke perairan sekitar Pulau Ular untuk penanganan lebih lanjut. Penyebab pasti kebakaran sedang diselidiki. (Rizki/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment