Jelang Tahun Baru 2024, Ratusan Liter Miras Cap Tikus Diamankan TNI AL dari Kapal

By Indonesia Maritime News 27 Des 2023, 21:05:19 WIB Hankam
Jelang Tahun Baru 2024, Ratusan Liter Miras Cap Tikus Diamankan TNI AL dari Kapal

Keterangan Gambar : Satgas TNI AL memgamanka miras cap tikus dari atas kapal di Pelabuhan Nusantara Tahuna, Sulawesi Utara. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), TAHUNA: Tim Satuan Tugas Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, kembali mengamankan minuman keras (miras) tradisional jenis cap tikus. Sekitar 175,9 liter miras diamankan di atas kapal penumpang Manado – Tahuna di Pelabuhan Nusantara Tahuna, Sulawesi Utara, Selasa (26/12/2023).

Penyitaan ini dilakukan setelah ada informasi dari masyarakat dan penumpang kapal. Informasi ini ditindak lanjuti den melakukan pengecekan serta penyisiran.

Baca Lainnya :

Hasilnya, Satgas TNI AL menemukan barang bukti berupa 6 kardus besar berisi miras sebanyak 120 liter, 4 kardus kecil berisi 40 liter, 19 botol 600 ml berisi 11,4 liter, 3 Botol 1,5 ml dengan isi 4,5 liter serta 1 drigen berisi 20 liter miras.

Danlanal Tahuna, Kolonel Laut (P) Mohamad Bayu Pranoto, menegaskan operasi akan terus dilakukan oleh TNI AL dari jajaran Lanal Tahuna guna mencegah peredaran barang–barang terlarang sesuai amanat Undang-undang.

“Tugas pokok yang diemban Lanal Tahuna berdasarkan amanat undang–undang serta meneruskan perintah Komando atas, untuk terus menggencarkan operasi sepanjang tahun,” jelas Komandan Lanal.

Saat ini, barang bukti ratusan liter miras tradisional berjenis cap tikus diamankan di Mako Lanal Tahuna untuk pendalaman dan penelusuran kepemilikan barang tersebut.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali telah menegaskan bahwa, seluruh jajaran prajurit TNI AL agar senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan operasi dan merespon cepat informasi yang diterima, melaksanakan kerjasama dan bersinergi dengan instansi terkait, khususnya dalam menjaga keamanan di masa Libur Natal dan Tahun Baru 2024. (Bow/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook