Gala Dinner KTT G20 Bali, Presiden Amerika Joe Biden Tidak Hadir

By Indonesia Maritime News 16 Nov 2022, 17:40:27 WIB Politik
Gala Dinner KTT G20 Bali, Presiden Amerika Joe Biden Tidak Hadir

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menyambut putra mahkota Saudi Arabia, Muhammad Bin Salman pada acara Gala Dinner KTT G20 di Bali. Foto: Sekretariat Presiden


Indonesiamaritimenews.com ( IMN), BALI: Para pemimpin negara peserta KTT G20 Bali menghadiri gala dinner di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau GWK, di Luta Selatan, Badung, Bali, Selasa (15/11/2022) malam. Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana yang mengenakan pakaian adat Bali, menyambut satu persatu tamu yang datang.

Taman budaya Garuda Wisnu Kencana di Kuta Selatan dipilih jadi lokasi jamuan makan malam karena suasana di tempat ini dinilai cocok untuk menyambut para tamu penting. Gala dinner atau jamuan makan malam adalah rangkaian kegiatan G20. Welcoming Dinner and Cultural Performance G20 diselenggarakan di pelataran Garuda Wisnu Kencana.

Para petinggi negara peserta KTT G20 datang satu persatu. Melangkah di karpet merah, tamu-tamu agung ini disambut oleh Presiden Jokowi dan Ibu Iriana.

Baca Lainnya :

Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Perdana Menteri India Narendra Modi, putra mahkota Saudi ArabiaPemgaran Mohammed bin Salman (MBS), Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, hador dalam acara tersebut. Presiden Prancis Emmanuel Macron jugs hadir. Uniknya, semua tamu mengenakan batik kecuali Pangeran MBS. Namun Presiden Amerika Serikat Joe Biden tidak hadir.

Sebelum acara dimulai, Jokowi menyampaikan dambutan singkat. Ia mengucapkan terima kasih kepada pemimpin negara G20 dan para tamu undangan yang telah hadir.

“Leaders of G20 countries, invitees, international organizations, ladies and gentlemen. Thank you for coming to Garuda Wisnu Kencana (Pemimpin negara-negara G20, para undangan, organisasi internasional, hadirin sekalian. Terima kasih atas kehadirannya di Garuda Wisnu Kencana,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga berharap hidangannya tidak pedas bagi para delegasi. "I hope it’s not spicy for your exellency. (Saya harap hidangannya tidak pedas untuk Yang Mulia)," ucap Jokowi.

Sambil menikmati hidangan makan malam, para tamu juga disuguhi atraksi tarian tradisional Bali serta letusa kembang api warna-warni. Para tamu juga dihibur oleh penampilan musisi Andmesh Kamaleng dan RDP Hip Hop Generation, yang menyanyikan lagu Malam Indah yang dipopulerkan Iwa K. Penyanyi Yuni Shara juga tampil di acara internasional ini.

Sejumlah pejabat Indonesia, jajaran menteri serta Ketua DPR Puan Maharani ikut  menghadiri acara gala dinner. Para mantan Presiden RI seperti Megawati Soekarno Putri, Soesilo Bambanv Yudhoyono, mantan Wapres Jusuf Kalla juga hadir. 

Seperti diketahui, KTT G20 yang diikuti oleh 17 negara berlangsung di Nusa Dua, Bali. Puncak G20 dan penutupan akan berlangsung Rabu, (16//11/2024). (Aryy/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment