Balap Perahu Cepat Internasional di Danau Toba, ASDP Siapkan Layanan Terbaik

By Indonesia Maritime News 29 Jan 2023, 13:59:09 WIB Wisata
Balap Perahu Cepat Internasional di Danau Toba,   ASDP Siapkan Layanan Terbaik

Keterangan Gambar : Wisatawan Domestik sedang menikmati kapal Ferry di Danau Toba.Foto: Property of Indonsiamaritomenews.com


Indonesiamaritimenews.com (IMN),MEDAN: Ajang balap perahu cepat (boat race) berlevel dunia yakni F1 Powerboat (F1H2O) World Championship, bakal digelar di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara, pada 24-26 Februari 2023. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mendukung ajang bergengsi tersebut dengan layanan prima.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan dalam kegiatan besar tersebut, ASDP menyiapkan layanan penyeberangan kapal ferry melalui dua pelabuhan yang dikelolanya di kawasan Danau Toba yakni Pelabuhan Ambarita dan Pelabuhan Ajibata.

"Dalam ajang balap Kejuaraan Dunia F1 Powerboat atau F1H20 di DPSP Danau Toba ASDP menyiapkan dua kapal ferry, dimana setiap hari ada empat trip penyeberangan dari Pelabuhan Ambarita dan empat trip dari Pelabuhan Ajibata, sehingga total trip yang dioperasikan selama penyelenggaraan ajang F1H20 ada sebanyak 16 trip penyeberangan per hari. Dengan harapan, mobilitas masyarakat dapat terlayani dengan baik selama kegiatan berlangsung," ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Minggu (29/1/2023).

Baca Lainnya :

Shelvy optimistis, ASDP dapat mendukung kelancaran perhelatan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat tersebut.  Pengalaman melayani pengguna jasa penyeberangan berlevel dunia saat gelaran MotoGP dan Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) di DPSP Mandalika, NTB, menjadi modal ASDP dalam mendukung kelancaran perhelatan di Danau Toba.

"Tentu kami akan meningkatkan layanan bagi pengguna jasa penyeberangan dengan memaksimalkan operasi kapal dan mempersingkat waktu pelayanan di dermaga saat gelaran F1H2O," ujarnya lagi.

SINERGI INSTANSI

ASDP juga akan bersinergi dengan instansi terkait termasuk aparat kepolisan/TNI, juga meningkatkan layanan kepada pengguna jasa selama berada di pelabuhan termasuk optimalisasi personel pendukung di lapangan.  

Shevy berharap dengan dukungan ASDP, ajang F1H20 akan makin mendorong pemulihan ekonomi khususnya sektor pariwisata. Termasuk  peluang usaha termasuk bagi UMKM, serta menciptakan lapangan kerja.

ASDP turut memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam gelaran dunia tersebut. Terdapat 19 UMKM berupa warung di sekitar pelabuhan yang 17 di antaranya berada di luar gedung dan dua lainnya di dalam gedung pelabuhan.

Seperti diketahui, lintas penyeberangan kapal ferry antara Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita merupakan salah satu jalur tersibuk di kawasan Danau Toba. Pelabuhan Ajibata memiliki luas kawasan sebesar 10.448 m2 dengan luas gedung terminal utama 2.155 m2, yang dilengkapi dengan aksesibilitas modern berupa eskalator dan lift.

Sedangkan, Pelabuhan Ambarita memiliki luas 7.000 m2 dengan luas gedung terminal utama 1.540 m2 yang juga dilengkapi fasilitas eskalator dan lift.

Kejuaraan dunia perahu motor F1H2O, yang serupa ajang jet darat Formula 1 akan berlangsung di Balige, Sumut, yang berjarak 50 km dari Pelabuhan Ajibata. Danau Toba mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah F1 Powerboat (F1H2O) World Championship selama lima tahun ke depan atau hingga 2027. (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook