5 Bus Listrik Dioperasikan PT BA di Pelabuhan Tarahan Lampung

By Indonesia Maritime News 28 Jan 2023, 07:04:48 WIB Pelabuhan
5 Bus Listrik Dioperasikan PT BA di Pelabuhan Tarahan Lampung

Keterangan Gambar : Bus listrik. Foto: dok. PT. BA


Indonesiamaritimenews.comJAKARTA: (IMN),PT Bukit Asam Tbk (PTBA) telah mengoperasikan sebanyak lima unit bus listrik untuk antar jemput karyawan di Pelabuhan Tarahan Lampung. Total sudah 15 unit bus listrik yang dioperasikan, di mana 10 unit bus listrik di Unit Pertambangan Tanjung Enim.

Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail mengungkapkan penggunaan kendaraan listrik akan terus ditingkatkan sebagai langkah untuk mengurangi emisi karbon. Hal ini juga sejalan dengan visi PTBA menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan.

Pengurangan emisi karbon diproyeksikan mencapai 16 ton CO2 per tahun per bus. Selain itu, penggunaan bus listrik mengurangi pemakaian bahan bakar minyak hingga 9.672 liter per tahun per bus.

Baca Lainnya :

"PTBA berupaya menjalankan praktik bisnis berkelanjutan sehingga dapat berkontribusi optimal bagi masyarakat. Program-program dekarbonisasi terus kami kembangkan untuk mendukung target Pemerintah mencapai Net Zero Emission pada 2060. Penggunaan bus listrik merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan target tersebut," kata Arsal dalam siaran pers, Jumat (27/1/2023).

Efisiensi energi juga dilakukan Unit Pelabuhan Tarahan melalui modifikasi sistem starting sequence operasional jalur stockpile-1 ke shipholder-2.  Lalu efisiensi air melalui pengurangan air operasional dengan menggunakan cairan dust retardant dan penurunan emisi melalui reengineering rotary car dumper dari single dumper menjadi double dumper.

Sebagai informasi, PTBA Unit Pelabuhan Tarahan meraih kategori Emas dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) tahun 2022. Prestasi ini merupakan yang ketiga kali setelah 2020 dan 2021.

PROPER Emas merupakan penghargaan tertinggi bagi perusahaan yang terbukti menerapkan sistem manajemen lingkungan yang baik. Meliputi penerapan efisiensi energi, penurunan emisi, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3, pengurangan dan pemanfaatan limbah non B3, serta perlindungan keanekaragaman hayati. (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook