2 ABK TB Intan Karisma Tewas di Laut, Tim SFQR TNI AL Sigap Lakukan Evakuasi

By Indonesia Maritime News 18 Des 2023, 21:36:13 WIB Hankam
2 ABK TB Intan Karisma Tewas di Laut, Tim SFQR TNI AL Sigap Lakukan Evakuasi

Keterangan Gambar : Prajurit TNI AL dari Tim SCQR Lanal Banjarmasin mengevakuasi jenazah ABK TB Bintan Karisma 5. Foto: Dispenal




Indonesiamaritimenews.com (IMN),SAMPIT: Dua anak buah kapal (ABK) TB Bintan Karisma 5 tewas kecelakaan kerja di perairan Samuda, Sampit, Kabupaten Kotawarinigin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah.

Baca Lainnya :

TNI AL dalam hai Tim Second Fleet Quick Response (SFQR) Lanal Banjarmasin yang bertugas di  Pos Binpotmar TNI AL Samuda bergerak cepat. Tim  berhasil evakuasi dua anak buah kapal (ABK) TB. Bintan Karisma 5 yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja di Tongkang BKL 05, Sabtu (16/12/2023).

Kejadian bermula saat salah satu ABK TB Bintan Karima 5 bernama Muslim melihat tongkang dalam posisi miring. Ia  segera memeriksa bagian tanki tongkang yang menyebabkan kemiringan melalui hole untuk menguras air di dalam tanki tersebut.

Namun karena tanpa menggunakan pengaman yang sesuai menyebabkan Muslim lemas dan pingsan dalam tanki tongkang.

Melihat kejadian tersebut ABK lainnya, Andi Muhammad Fatar Udani yang bertugas sebagai Kepala Kamar Mesin (KKM) sontak berteriak meminta tolong ABK lainnya. Ia bergegas turun ingin menyelamatkan rekannya tanpa menggunakan pengaman juga.

Tindakan tersebut membuat Andi mengalami kondisi yang sama dengan rekannya. Melihat itu, ABK lainnya segera meminta tolong melalui sinyal radio. 

Binpotmar TNI AL Samuda Peltu Mus Taufik yang saat sedang melaksanakan jaga Pos mendengar permintaan bantuan dari TB Bintan Karisma 5. Ia segera melapor kepada Komandan Pos Letda Laut (P) M. Subkhan.

Dengan cepat Letda Laut M Subkhan memerintahkan 4 personel TNI AL untuk segera meluncur ke TKP (tempat kejadian perkara) menggunakan Speed Boat 85 PK guna memberikan pertolongan dan berkoordinasi dengan instansi lain terkait kejadian tersebut.

Setibanya di TKP, Tim SFQR berkoordinasi dengan nahkoda dan segera melakukan evakuasi menggunakan tali dan ganco yang dikaitkan ke celana korban.

Selanjutnya kedua korban berhasil dievakuasi dan diturunkan dari kapal tongkang lalu dibawa menuju Pos Binpotmar Samuda menggunakan Tug Boat. 

Sesampainya di Pos, kedua jenazah diserahkan kepada Yani sebagai perwakilan keagenan PT. SPAJ. Sekitar pukul 11.05 WIB ambulance berangkat dari Pos menuju RSUD Murjani Sampit untuk melaksanakan pemeriksaan lebih lanjut.

Atas kejadian tersebut Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., mengimbau seluruh ABK Kapal agar selalu melengkapi peralatan keselamatan kerja untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, di berbagai kesempatan telah memerintahkan prajuritnya untuk berperan aktif secara profesional, bergerak cepat dalam mendukung kegiatan dan sigap membantu saat ada kejadian terutama di perairan Nusantara. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook