Atraksi 9 Kapal Perang TNI AL dan Terjun Payung Meriahkan Hari Nusantara 2023

By Indonesia Maritime News 14 Des 2023, 13:20:22 WIB Hankam
Atraksi 9 Kapal Perang TNI AL dan Terjun Payung Meriahkan Hari Nusantara 2023

Keterangan Gambar : Parade sailling pass 9 kapal perang TNI AL termasuk KRI Dewa Ruci meriahjan Hari Nusantara 2023 di Tidore. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenewa.com (IMN),TIDORE: Puncak Hari Nusantara 2023 di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, dimeriahkan dengan sailling pass atraksi 9 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Kegiatan yang digelar pada Rabu (13/12/2023) dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang juga Ketua Pelaksana Pusat Harnus 2023 serta Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali.

Baca Lainnya :

Hari Nusantara tahun ini mengangkat tema “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah”. 

Pada puncak Harnus 2023 ini TNI AL mengerahkan 9 unsur KRI yaitu:
1. KRI I Gusti Ngurah Rai-332
2. KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355
3. KRI Iskandar Muda-367,
4. KRI Fatahillah-361
5. KRI Kapak-625
6. KRI Posepa-870
7. KRI Layaran-854
8. KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991
9. KRI Dewa Ruci, serta satu  Heli AS 565 Panther TNI AL.

Selain itu para prajurit Jalasena juga menampilkan Demo Sea Cast dari Kopaska Koarmada III di atas KRI Kapak 625. Atraksi terjun payung dan pendaratan di atas kapal oleh para prajurit TNI AL membuat kagum seluruh hadirin.

Menteri Perhubungan RI, menyampaikan momen Harnus akan menjadi semangat baru bagi masyarakat, terutama masyarakat Indonesia bagian Timur, sebagai negara yang memiliki keragaman kebudayaan dan kekayaan kemaritiman yang perlu kita syukuri bersama.

Hal ini sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dari pinggiran melalui peningkatan peran dan daya saing daerah.

“Tujuan dari Harnus 2023 adalah untuk memperingati keberagaman budaya, meningkatkan rasa persatuan, menghargai kekayaan alam dan sumber daya, mendorong pariwisata domestik, serta meningkatkan semangat gotong royong dengan memahami arti penting Wawasan Nusantara”, ucap Budi Karya.

Pada acara tersebut dilaksanakan juga penandatanganan Prasasti Tidore Titik Nol Jalur Rempah oleh Menteri Perhubungan yang didampingi oleh Kasal, Anggota DPR RI Irene Yusiana Roba Putri, Gubernur Maluku Utara K.H. Abdul Ghani Kasuba dan Walikota Tidore Kepulauan Bapak Ali Ibrahim. (Arry/Oryza)

Parade sailling pass 9 kapal perang TNI AL termasuk KRI Dewa Ruci meriahjan Hari Nusantara 2023 di Tidore. Foto: Dispenal




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook