Bersih-bersih Pantai, Tanam 1.000 Mangrove Bersama TNI AL di Tidore

By Indonesia Maritime News 14 Des 2023, 13:23:15 WIB Hankam
Bersih-bersih Pantai, Tanam 1.000 Mangrove Bersama TNI AL di Tidore

Keterangan Gambar : Satgas Harnus 2023 Laksanakan Bakti Sosial Bersih-Bersih Pantai dan Tanam 1000 Mangrove di Tidore. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Dalam rangka Hari Nusantara Tahun 2023, TNI AL dalam hal ini Satuan Tugas Hari Nusantara (Satgas Harnus) Koarmada III bersama masyarakat Tidore menggelar kegiatan bakti sosial bersih-bersih pantai dan penanaman 1.000 bibit pohon Mangrove.

Kegiatan yang prakarsai oleh TNI AL dan diikuti oleh TNI-Polri, Pemda Tidore, siswa siswi Pramuka Kwarcab Tidore serta seluruh elemen Tidore ini, dilaksanakan di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Kelurahan Dowora, Tidore, Sulawesi Utara, Senin (11/12/2023).

Baca Lainnya :

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan doa, laporan ketua panitia, sambutan Dansatgas, sambutan Walikota Tidore. Kemudian dilanjutkan dengan bersih-bersih pantai dan menanam bibit pohon Mangrove di sepanjang pantai di Kelurahan Dowora Tidore.

BERMANFAAT

Komandan Satgas Harnus 2023 Kolonel Laut (P) Hananto Dwi Prasetyo mengatakan, bersih-bersih pantai dan tanam Mangrove ini merupakan salah satu rangkaian dari acara peringatan Hari Nusantara yang dilaksanakan di Tidore. Diharapkan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan dapat menjaga keberlangsungan ekosistem di laut. 

“Nantinya dengan adanya hutan Mangrove dan pantai yang bersih dapat mencegah abrasi dan bencana serta pengelolaan yang baik selain bisa menjadi kawasan wisata juga membantu perekonomian warga sekitar dengan memanfaatkan Mangrove sebagai olahan yang bernilai ekonomi", jelas Kolonel Hananto.

Di tempat terpisah Satgas Hari Nusantara 2023 juga melaksanakan doa bersama dalam rangka kelancaran dalam pelaksanaan puncak acara Hari Nusantara. Kegiatan dipimpin oleh Waasops Kasal Laksamana Pertama TNI Ariyantyo Condro Wibowo, M.Tr. (Opsla) didampingi oleh para perwira Satgas dan anggora Satgas Harnus 2023 di Gedung Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Kota Tidore.

Kegiatan tersebut sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali bahwa TNI AL harus senantiasa siap siaga, salah satunya dalam memberikan bantuan sosial sebagai bentuk kontribusi gerak cepat dan kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook