Shalat Tarawih Malam Pertama Disambut Rasa Syukur, Mesjid Dipenuhi Jemaah

By Indonesia Maritime News 23 Mar 2023, 09:51:40 WIB Religi
Shalat Tarawih Malam Pertama Disambut Rasa Syukur, Mesjid Dipenuhi Jemaah

Keterangan Gambar : Kaum muslimah melaksanakan Salat Tarawih. Foto: property of indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Shalat Tarawih malam pertama dilaksanakan pada Rabu (22/3/2023). 

Ketetapan 1 Ramadan 1444 H diumumkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2023) setelah sidang isbat.

Datangnya Ramadan disambut rasa syukur umat Muslim di berbagai pelosok. Malam pertama Shalat Tarawih pun disambut warga dengan rasa syukur dan bahagia.  Semua masjid baik masjid raya maupun di kompleks permukiman.

Baca Lainnya :

Masjid Istiqlal Jakarta misalnya, padat oleh jemaah yang mengikuti Shalat Tarawih. Terlebih tahun ini tidak ada lagi pembatasan seperti  dua tahun berturut-turut sebelumnya ketika Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Mesjid terbesar se-Asia Tenggara ini menjadi lebih semarak dengan ibadah menyambut Ramadan.

Baik ruang jemaah lelaki maupun jemaah perempuan dipadati umat. Sebelum Shalat Tarawih dilaksanakan, Imam Besar Masjid Istiqlal menyampaikan ceramah. Kemudian dilanjutkan Shalat Tarawih 20 rakaat dan Witir 3 rakaat. Shalat Tarawih diimami oleh Imam Ahmad Muzakkir Abdurrahman dan Imam Ahmad Husni Ismail.

Masjid di kompleks permukiman, juga dipadati oleh jemaah yang mengikuti Shalat Tarawih. Mereka bersyukur bisa dipertemukan lagi dengan bulan Ramadan yang penuh berkah, dan bisa menjalankan Shalat Tarawih tanpa ada pembatasan.

"Alhamdulillah ya Allah... Allah masih memanjangkan umur kita. Alhamdulillah kita masih bisa menjalankan ibadah Ramadan," ucap Ibu Salamah, jemaah Masjid Jami Al Mubarak, Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat.

Wanita berusia 70 tahun ini amat bersyukur masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk menjalankan ibadah Ramadan. (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook