Safari Ganjar Pranowo ke PWI Pusat: Luruskan Informasi yang Bengkok

By Indonesia Maritime News 30 Nov 2023, 19:41:36 WIB Nasional
Safari Ganjar Pranowo ke PWI Pusat: Luruskan Informasi yang Bengkok

Keterangan Gambar : Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun (kiri), Capres Ganjar Pranowo, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu. Foto: property of indonesiamaritimenews.com



Indonesiamaritimenews.com(IMN),  JAKARTA: Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan, peran pers sangat penting dalam menyampaikan informasi ke publik secara tepat dan benar. Ganjar Pranowo juga memahami soal kondisi pers saat ini yang sedang tidak baik-baik saja.

Hal ini disampaikan Ganjar saat melakukan 'safari' kunjungan ke Kantor PWI Pusat di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2023). Mantan Gubernur Jateng ini menyampaikan beberapa pandangannya tentang pers dan demokrasi, didampingi oleh Ketua Umum PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat Hendry Ch Bangun, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu dan Sekjen Sayid Iskandar.

Baca Lainnya :

Ganjar mengungkapkan, ia membagi media menjadi dua kelompok, yakni media sosial (medsos) dan media  mainstream. Menurut dia, medsos menginformasikan tanpa etika jurnalistik dan terpotong-potong, sehingga informasi yang sampai menjadi bengkok.

"Media mainstream inilah yang harus meluruskan informasi yang bengkok itu kepada masyarakat dengan baik dan benar,” ucap Ganjar.

"Karena itu saya senang diundang ke sini (PWI). Agar kedepannya informasi dapat disampaikan dengan utuh dan benar," sambung dia. Ganjar memberi contoh, ketika ia berkunjung ke Papua, ternyata di sana ada gap informasi yang tidak tersampaikan.

"Anak muda di sana belum tahu siapa capres dan capares yang akan ikut pemilu 2024 dan bahkan belum tahu ada berapa kandidat. Saya sendiri mereka belum kenal. Inilah tugas media untuk bisa menyampaikan informasi secara menyeluruh sampai ke pelosok," kata Ganjar.

KONDISI MEDIA

Dalam sesi tanya jawab, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu meminta pandangan Ganjar soal kondisi media yang kini sedang tidak baik-baik saja. Terutama dari sektor bisnis yang mengalami banyak perubahan dari media konvensional menuju media digital.

“Iya, memang saat ini pers sedang tidak baik-baik saja. Satu dari sektor bisnisnya yang mengalami perubahan dari konvensional ke era digital. Inilah yang memang harus terus diperhatikan dan pemerintah perlu membantu pers agar bisa baik,” ungkapnya.

Ganjar Pranowo berharap PWI ke depan dapat terus melakukan pembenahan lebih baik lagi sesuai dengan bidangnya.
“Saya mengalami ada perangkat desa atau ormas jadi wartawan. Lha ini motifnya apa? Saya mengadu ke siapa? Inilah nantinya yang kiranya akan bisa diperbaiki oleh PWI,” tandas Ganjar.

SEMUA CAPRES DIUNDANG

Sementara itu Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun mengatakan, PWI Pusat mengundang seluruh Capres dan Cawapres dalam rangkaian HPN 2024.  Saat ini, capres Ganjar Pranowo yang pertama cepat tanggap merespon undangan PWI Pusat.

"Capres nomor tiga cepat tanggap, sehingga mendapatkan kesempatan yang pertama," kata Hendry Ch Bangun.

Ia mengatakan, PWI memberi ruang yang sama kepada 3 calon presiden untuk berdialog dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Rencananya, capres Anies Baswedan akan hadir pada Jumat (1/12/2023) di Kantor PWI Pusat. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook