Presiden Kunjungi Lagi Lokasi Gempa Cianjur, Ingin Pastikan Distribusi Bantuan

By Indonesia Maritime News 24 Nov 2022, 16:56:39 WIB Nasional
Presiden Kunjungi Lagi Lokasi Gempa Cianjur,  Ingin Pastikan Distribusi Bantuan

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi kembali mengunjungi lokasi gempa di Cianjur, Jabar, Kamis (24/11/2022.Foto: Setpres


Indonesiamaritimenews.com ( IMN)JAKARTA: Presiden Joko Widodo  kembali meninjau Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jabar, Kamis (24/11/2022). Wilayah ini lokasi terparah dampak terjadinya gempa bumi.

Kunjungan ini adalah kedatangan kedua bagi Presiden setelah sebelumnya pada pada Kamis (24/11/2022) juga datang langsung ke lokasi gempa.

"Ini adalah episentrumnya dan yang paling parah, terutama untuk rumah-rumah yang roboh yang paling banyak adalah di sini. Yang meninggal pun, yang banyak juga di sini," ujar Presiden  saat berkunjung di Kampung Munjul, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang. 

Baca Lainnya :

Jokowi juga mengatakan ia sudah mendatangi rumah sakit. Awalnya ada 741 pasien yang masuk rumah sakit, tetapi kini tinggal 24 pasien. "Karena sebagian ada yang dirujuk.ke Jakarta maupun Bandung, sebagian sudah bisa pulang," kata Jokowi. 

Dikatakan Jokowi, setelah evakuasi selesai, distribusi bantuan sudah sampai ke lokasi, babak berikutnya adalah rehabilitasi rumah-rumah yang rusak. Baik kerusakan parah, kerusakan sedang maupun kerusakan ringan.

Yang paling penting setelah nanti evakuasi ini selesai, distribusi bantuan sudah bisa menjangkau ke semua lokasi, baru babak berikutnya adalah rehabilitasi untuk rumah-rumah yang roboh berat, sedang, maupun yang ringan," tutur Presiden.

Sedangkan skema bantuan yang diberikan, Presiden mengatakan  pemerintah tidak akan terpaku pada satu skema. Pemerintah akan menyerahkan langsung kepada masyarakat untuk memilih skema mana yang dinilai dapat mempercepat proses rehabilitasi.

"Ada yang nanti dibangun oleh Kementerian PU, ada yang juga dibangun dibantu oleh TNI, ada juga yang diserahkan kalau memang itu bisa mempercepat. Kita tidak terpaku pada satu skema," tandas Presiden. ( Arry/ Oryza) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment