Pemudik Melonjak 85,5 Juta Orang Terbanyak Lewat Darat

By Indonesia Maritime News 09 Apr 2022, 10:57:47 WIB Perhubungan
Pemudik Melonjak 85,5 Juta Orang Terbanyak Lewat Darat

Keterangan Gambar : Kapal Feery .Foto. Dok Indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA: Jumlah pemudik yang yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di kampung halaman, diprediksi mencapai 85,5 juta orang. Jumlah ini melonjak dibanding prediksi sebelumnya yang mencapai 79,4 juta orang.

Dua hasil survei sebelumnya mencatat masing-masing sebanyak 79,4 pemudik dan 55 juta orang saat awal pengukuran. Jumlah ini didapat dari hasil survei terakhir yang dilakukan usai Presiden Joko Widodo memberi lampu hijau mudik Lebaran.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, melonjaknya jumlah pemudik bisa dimaklumi. Karena dua tahun ini mudik tidak diperbolehkan. “Tentu banyak masyarakat yang sudah rindu kampung halaman, ini yang kemudian animo perjalanan mudik akan sangat meningkat," kata Adita, dalam virtual Media Breafing, dikutip Sabtu (9/4/2022).

Baca Lainnya :

Diungkapkan Adita, dari jumlah 85,5 juta pemudik tersebut sebanyak 14,3 juta berasal dari wilayah Jabodetabek. Sedangkan pilihan moda transportasi didominasi angkutan darat terutama kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor. 

"Harus diantisipasi mengingat angka 85,5 juta orang pemudik tersebut bukan sedikit, dan kita sudah 2 tahun tak melaksanakan mudik," kata Adita. 

Sedangkan tujuan provinsi asal pemudik terbesar dari Jawa Timur, Jabodetabek, dan Jawa Tengah. Sementara provinsi tujuan mudik tidak berbeda dengan pola tahun-tahun sebelumnya kota utama adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat.(Arry/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment