Mau Naik Kapal Bawa Ganja, Mahasiswa Diciduk Prajurit TNI AL

By Indonesia Maritime News 07 Sep 2024, 11:49:11 WIB Hukum
Mau Naik Kapal Bawa Ganja, Mahasiswa Diciduk Prajurit TNI AL

Keterangan Gambar : Prajurit TNI AL meegamankan dua calon penumpang kapal yang membawa ganja di Pelabuhan Kota Jayapura, Papua. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Prajurit Batalyon Marinir PertahananPangkalan (Yonmarhanlan) X Jayapura mengamankan oknum mahasiswa pembawa ganja di Pelabuhan Kota Jayapura, Jl. Kota, Numbai, Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

Aksi tersebut dipimpin oleh Letda Mar Farid Susilo Pamassangan pada Kamis (5/9/2024). Ketika itu prajurit sedang melaksanakan tugas Pengamanan di Pelabuhan Jayapura terhadap para penumpang yang hendak naik turun kapal. Pengamanan dilakukan untuk mencegah penumpang kapal membawa barang terlarang atau melanggar hukum.

Penangkapan berawal dari kecurigaan prajurit TNI AL terhadap penumpang yang akan naik kapal KM. Dobonsolo. Selama proses naik turun penumpang berlangsung, mencurigai dua orang penumpang yang berperilaku tidak wajar. Selanjutnya dilakukan pendekatan dan pemeriksaan.

Hasil pemeriksaan oleh prajurit TNI AL, ditemukan 2 bungkus kecil berisi narkoba jenis ganja. Selanjutnya, kedua terduga tersangka berinisial HA (20) yang merupakan mahasiswa salah satu universitas di Jayapura, dan SR (19) beserta barang bukti diserahkan kepada petugas Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Jayapura untuk dilakukan pendalaman dan proses hukum lebih lanjut.

Komandan Pasmar 3, Brigjen TNI (Mar) Sugianto menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi prestasi prajurit yang telah melaksanakan tugas dengan baik. "Saya berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi prajurit lain dalam setiap penugasan," pesannya.

Penggagalan penyelundupan narkoba tersebut merupakan implementasi dari Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr Muhammad Ali. Kasal selalu menekankan bahwa setiap Prajurit Jalasena Samudera harus selalu sigap dalam menjaga kedaulatan laut nusantara dalam hal ini penyelundupan narkoba. (Riz/Oryza)

Baca Lainnya :





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook