KM Baruna Jaya Karam, 7 ABK Selamat Naik Rakit

By Indonesia Maritime News 06 Mar 2023, 10:52:48 WIB Maritim
KM Baruna Jaya Karam, 7 ABK Selamat Naik Rakit

Keterangan Gambar : KM Baruna Jaya tenggelam, 7 ABK berhasil diselamatkan. Foto: dok. Basarnas


Indonesiamaritimenews.com (IMN) JAKARTA:  Kapal Motor (KM) Baruna Jaya yang karam di perairan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat akibat mengalami kebocoran. Sebanyak 7 anak buah kapal (ABK) berhasil selamat menggunakan rakit.

Awalnya Kantor SAR Mataram mendapatkan informasi dari Kantor SAR Surabaya, Jawa Timur. Laporan tersebut menyebutkan, KM Baruna Jaya hilang kontak di sekitar perairan laut Pulau Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

KM Baruna Jaya sebelumnya bertolak dari Pelabuhan Pantai Boom, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Rabu 1 Maret sekitar pukul 16.00 WIB. Kapal tersebut mengangkut semen dan sembako.

Baca Lainnya :

Di kapal tersebut ada 7 orang ABK masing-masing: nakhoda kapal, Subhan Husaini (42) bersama empat orang ABK, yakni Farid Sugianto (41), Rizal (45), Isak (47), Hairul (25). Kemudian, ada dua orang penumpang yang ikut berlayar, yakni Aldi (24), dan Munip (21). Mereka berasal dari Desa Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. 

Kapal tersebut seharusnya dijadwalkan tiba di Pulau Sapeken, pada Kamis 2 Maret 2023 sekitar pukul 07.00 WIB. Namun, hingga Jumat 3 Maret siang, kapal belum juga sampai.

Humas Kantor SAR Mataram, I Gusti Lanang Wiswananda mengatakan, nakhoda kapal mengingormasikan KM Baruna Jaya mengalami kebocoran saat berada di perairan laut pada Sabtu 4 Maret 2023 sekitar pukul 15.00 Wita.

Sebagian ABK bahu-membahu mengeluarkan air yang masuk ke dalam kapal, sebagian lagi membuat rakit darurat untuk menyelamatkan diri. Karena kebocorannya parah, kapal pun akhirnya tenggelam.

Semua ABK berhasil menyelamatkan diri menggunakan rakit yang mereka buat. Setelah terapung-apung di laut, mereka  ditemukan oleh KM Sri Gunting dari Lombok Timur.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi mengatakan, KM Baruna Jaya ditemukan di perairan utara Lombok, di koordinat 07° 52’ 12” S 116° 40’ 15” E sekitar pukul 21.30 WIB Sabtu malam.

Seluruh ABK dievakuasi ke Pelabuhan Dadap, Kabupaten Lombok Timur.

“Tim operasi Kantor SAR Surabaya kemudian menindaklanjuti informasi tersebut. Koordinasi dengan Kantor SAR Mataram, dalam hal ini personel Pos SAR Khayangan dilakukan guna pengecekan kondisi para ABK KM Baruna Jaya Raya tersebut,” tandas Hariyadi. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook