Kelahiran Rasululloh Saw , Hikmah dan Maulid Nabi Muhammad Saw yang Bisa Kita Teladani, Bagian-1
Oleh, Habib Abdullah Bin Idrus Bin Agil

By Indonesia Maritime News 07 Okt 2023, 12:27:57 WIB Tauziah
Kelahiran Rasululloh Saw  ,  Hikmah dan Maulid Nabi Muhammad Saw yang Bisa Kita Teladani, Bagian-1

Keterangan Gambar : Habib Abdullah Bin Idrus Bin Agil ( nomor 3 dari kiri),Foto: Dok.Pribadi



Indonesiamaritimenews.com(IMN),Kelahiran Nabi Muhammad adalah suatu kejadian yang luar biasa.Begitu besar hikmah dari Maulid Nabi Muhammad Saw yang bisa kita teladani.

Apa hikmah yang bisa kita diambil dari Maulid kelahiran Nabi Muhammad SAW?

Baca Lainnya :

1.meneladani akhlak dan sifat Rasululloh Saw.

Alloh Ta'ala berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 21, Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasululloh Saw itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Alloh dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Alloh.

Ibnu Katsir menafsirkan bahwa ayat tersebut merupakan dalil pokok yang paling besar, yang menganjurkan kepada kita agar mencontoh Rasululloh Saw dalam semua ucapan, perbuatan, dan sepak terjangnya. Oleh karena itu, Alloh Ta'ala memerintahkan kepada kaum mukmin agar mencontoh sikap Rasululloh Saw ketika Perang Ahzab, yaitu dalam hal kesabaran, keteguhan hati, kesiagaan, dan perjuangannya, serta tetap menanti jalan keluar dari Alloh Ta'ala. Semoga shalawat dan salam terlimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw sampai hari kiamat.

Selain itu, akhlak Rasululloh Saw adalah cerminan Al-Qur’an. Bahkan beliau sendiri adalah sosok sempurna yang hadir di tengah-tengah umat manusia, membawa kabar gembira, menerangi kegelapan dengan membawa cahaya Islam. Hisyam bin Amir pernah bertanya kepada Aisyah RA tentang akhlak Rasululloh Saw, Aisyah menjawab,  Akhlak Rasululloh sallallahu alaihi wa sallam adalah Al-Qur’an
(HR Muslim).

Sungguh, jawaban Aisyah ini singkat, namun sarat makna yang luar biasa. Ia menyifati beliau dengan satu sifat yang dapat mewakili seluruh sifat yang ada.

Rasululloh Saw juga memiliki sifat yang layak diteladani, yakni shiddiq , amanah, tabligh , dan fathonah.
Shiddiq adalah integritas, kejujuran, selalu menjunjung tinggi kebenaran.
Amanah adalah memegang teguh kepercayaan, bisa dipercaya.
Tabligh adalah menyampaikan dengan benar dan baik atas apa yang menjadi perintah Alloh Ta'ala.
Fathanah adalah kecerdasan, kepintaran, ketangkasan.

2.ungkapan kecintaan dan kegembiraan kepada Rasululloh Saw.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw merupakan salah satu bukti cinta kita kepada Rasululloh Saw. Di berbagai tempat biasanya diadakan pembacaan sirah nabawiyyah dengan iringan hadhrah , mengagungkan Rasululloh Saw dalam Dalam suasana khidmat dan penuh kegembiraan

Peringatan Maulid Nabi muhammad Saw ini diharapkan bisa memperdalam cinta kita kepada Rasululloh Saw sehingga umat bisa terus meneladani akhlak beliau oleh karena rasa cinta yang mendalam. Rasa gembira juga bisa menyebabkan bertambahnya rasa iman kepada Rasululloh Saw dan semakin senang menjalankan ajaran agama yang dibawa oleh Rasululloh Saw, yakni agama Islam.

Bahkan selain orang islampun saja mendapatkan manfaat dengan kegembiraan itu. Diriwayatkan ketika Tsuwaibah, budak perempuan Abu Lahab, paman Nabi, menyampaikan berita gembira tentang kelahiran sang Cahaya Alam Semesta itu, Abu Lahab pun memerdekakannya sebagai tanda suka cita. Ternyata sejak dilahirkan, Rasululloh Saw sudah memberi kemanfaatan dan menyebabkan kegembiraan.

Demikianlah rahmat Alloh Ta'ala terhadap siapa pun yang bergembira atas kelahiran Nabi muhammad Saw termasuk juga terhadap orang kafir sekalipun. Maka jika kepada seorang yang kafir pun Alloh Ta'ala merahmati karena kegembiraan atas kelahiran Rasululloh Saw, apalagi anugerah Alloh Ta'ala bagi umatnya yang beriman dan bertakwa.

Wallahu A'lam Bisshawab

Yaa Alloh Yaa Robb...
Ampunilah dosa dan kesalahan Murrobi dan guru guru kami.
Ampunilah kedua orang tua kami, ampunilah kami, keluarga kami dan saudara saudara kami.

Yaa Alloh Yaa Robb...
Sehat dan sembuhkan saudara dan sahabat kami yang sakit.
Jadikanlah sebaik-baik amal kami pada penutupannya.
Jadikan kami dan keluarga kami sehat dzohir dan bathin.
Lindungilah kami dari berbagai penyakit, bencana dan kesulitan lainnya.

Jadikan  kami, insan yang pandai bersyukur dan bisa membahagiakan orang lain.
Jadikan kami menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.
Jadikan negri ini menjadi lebih baik.(MAR)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook