Kasal Resmikan Sispuskodal TNI AL, Ini Peran Strategis Command Security Maritime Puskodal

By Indonesia Maritime News 02 Agu 2024, 13:13:38 WIB Hankam
Kasal Resmikan Sispuskodal TNI AL, Ini Peran Strategis Command Security Maritime Puskodal

Keterangan Gambar : Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr Muhammad Ali meresmikan pembangunan Sispuskodal di Mabesal Cilangkap, Kamis (1/8/2024). Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Pusat Komando dan Pengendalian TNI AL (Puskodal TNI AL) memegang peran strategis dalam koordinasi, pengawasan, dan pengambilan keputusan pada pelaksanaan kegiatan operasi di lingkungan TNI AL. Peran strategis tersebut baik dalam penggunaan kekuatan maupun pembinaan kekuatan dan kemampuan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali saat memimpin Peresmian Pembangunan Sispuskodal TNI AL di Selasar Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (1/8/2024).

Baca Lainnya :

Sispuskodal adalah suatu sistem dengan beberapa keunggulan. Sistem ini bukan hanya dapat menyajikan data dislokasi unsur gelar operasi di Perairan Indonesia secara real time dan near realtime menggunakan pencitraan satelit. Dalam sistem ini command security maritime yang terdapat dalam aplikasi mampu memberikan alternatif penindakan atau investigasi oleh unsur terdekat dengan memberikan komando untuk melaksanakan investigasi lebih lanjut melalui komunikasi menggunakan integrated communication system.

Lebih lanjut Kasal menjelaskan, perkembangan lingkungan strategis yang semakin dinamis menuntut TNI AL untuk selalu berinovasi dalam menyajikan informasi ataupun data yang dibutuhkan. Sehingga puskodal harus dilengkapi dengan sistem K4IPP yaitu komando, kendali, komunikasi, komputer, intelijen pengamatan dan pengintaian yang handal. Dengan adanya Puskodal, operasi dapat berjalan lebih efektif, efisien dan terkoordinasi dengan baik.

“Besar harapan saya, agar sispuskodal ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kemampuan puskodal dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya”, pesan Kasal.

Pada kesempatan tersebut, Kasal yang didampingi oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma beserta para Pejabat Utama Mabesal menandatangani prasasti Peresmian Pembangunan Sispuskodal dan dilanjutkan peninjauan. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook