Ayah Seangkatan di Altar 89, Sultan Deli Kunjungi Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali

By Indonesia Maritime News 30 Jul 2024, 17:15:40 WIB Hankam
Ayah Seangkatan di Altar 89, Sultan Deli Kunjungi Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali

Keterangan Gambar : Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali (kanan) menerima kunjungan Sultan Deli Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menerima kunjungan Sultan Deli, Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam beserta rombongan. Sultan Deli diterima di Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2024).

Kunjungan Sultan Deli adalah dalam rangka menjaga silaturahmi yang telah terjalin selama ini. Kesultanan Deli merupakan sebuah kerajaan Islam yang didirikan oleh Tuanku Panglima Gocah Pahlawan pada tahun 1632 silam.

Baca Lainnya :

Kala itu Kesultanan Deli berada di bawah kekuasaan Kesultanan Aceh dan berdiri di Tanah Deli (sekarang Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara). Kesultanan Deli saat ini dipimpin oleh Sultan Deli Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam.

Dalam pertemuan tersebut, Kasal mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Sultan Deli beserta rombongan. Kasal berharap sinergitas serta silaturahmi yang telah terjalin antara TNI AL dengan Kesultanan Deli dapat terus meningkat dan semakin terjalin dengan baik. 

Senada dengan Kasal, Sultan Deli Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam juga berharap sinergitas yang telah terjalin selama ini dapat terus terjaga antara TNI AL dengan elemen-elemen masyarakat maupun tokoh adat di Kesultanan Deli.

Kunjungan ini juga sebagai bentuk menyambung silaturahmi orang tua. Sebagai catatan, ayahanda Sultan Deli merupakan kerabat satu angkatan dari Kasal Laksamana TNI Dr Muhammad Ali saat menempuh Pendidikan AKABRI pada tahun 1989 (Altar 89).

Tuanku Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam merupakan putra dari almarhum Letkol Inf Anumerta Tuanku Sultan Otteman III Mahmud Ma'amun Padrap Perkasa Alam Shah atau Tito Otteman (Alumni Akademi Militer 1989), yang tutup usia dalam kecelakaan pesawat CN-235 pada tahun 2005 di Bandara Malikus Saleh.

Sultan Deli yang biasa dipanggil Tuanku Aji ini ditinggal ayahnya wafat pada usia 8 tahun pada Tahun 2005. Meski masih bocah, Tuanku Aji langsung naikntahta diangkat menjadi Sultan Deli ke-14. Tuanku Aji menjadi Sultan Deli termuda dalam sejarah. (Riz/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook