Panglima Tentera Laut Malaysia Kunjungi Kasal, Ini yang Dibahas

By Indonesia Maritime News 24 Jul 2024, 20:25:30 WIB Hankam
Panglima Tentera Laut Malaysia Kunjungi Kasal, Ini yang Dibahas

Keterangan Gambar : Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menerima kunjungan Panglima Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) Laksamana Tan Sri Abdul Rahman bin Ayob. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menerima Courtesy Call (CC) atau kunjungan kehormatan Panglima Tentera Laut Diraja Malaysia (Panglima TLDM) Laksamana Tan Sri Abdul Rahman bin Ayob.

Pertemuan kedua pimpinan Angkatan Laut ini berlangsung di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/7/2024). 

Baca Lainnya :

Kedatangan Panglima TLDM disambut hangat oleh Kasal beserta jajarannya dan pasukan jajar kehormatan di halaman depan Gedung R.E Martadinata, Mabesal. Kedua Pimpinan Angkatan Laut ini saling memberikan gambaran umum tentang kekuatan dan kemampuan masing-masing khususnya dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis.

Lebih lanjut, dalam pembahasannya kedua Pimpinan Nomor Satu Angkatan Laut merencanakan pelaksanaan Navy To Navy Talk (NTNT) ke-2 di Malaysia pada tahun 2024. Kedua pimpinan Angkatan Laut ini juga sepakat saling mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) secara bilateral dalam bentuk operasi, latihan, dan pendidikan. 

Dalam bidang pendidikan, TNI AL ingin tetap melanjutkan program pendidikan dan kursus di antaranya Malaysian Command and Staff Course (MCSC/setara Sesko Angkatan); principal warfare officer course (PWOC)/setara Diklapa); Pendidikan Nav Officer Course (NOC/setara Diskpespa) serta kursus-kursus Navigation Officer Course di KD Sultan Idris I maupun PASKAL Special Demolition Course di KD Panglima Garang.

TNI AL juga telah menawarkan beberapa kursus yang dapat diikuti pihak Royal Malaysia Navy (RMN) di antaranya Hidrographic Course Cat-B, Kurus Intensif Bahasa Indonesia (KIBINA), Commando Jungle Course for Special Force (Basic Course) serta Free Fall Course di Surabaya.

Sebelumnya dalam bidang latihan TNI AL dan TLDM telah melaksanakan Patkor Malindo 164/2024 pada tanggal 11 sampai 14 Juni 2024 di Belawan. TNI AL juga mengirimkan 2 unsur KRI yaitu KRI Frans Kaisiepo-368 dan KRI Sampari-628 dalam Latihan Bersama (Latma) Malindo Jaya 27 AB/2024 pada tanggal 23 sampai 30 Juni 2024, Malacca Singapore Straits Patrol (MSSP), Patkor Optima, Tim Perancang Latihan Laut (TPLL) serta melaksanakan pelayaran kelompok saat transit ke Oahu, Hawaii selama kegiatan Latihan Multilateral RIMPAC pada Juni 2024.

Sementara itu, Kasal menyampaikan bahwa TNI AL juga telah mengundang pihak RMN untuk berpartisipasi dalam kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK ke-5), International Fleet Review (IFR), International Maritime Security Symposium (IMSS) ke-6 di Bali pada 15-22 Februari 2025 dan berpartisipasi pada kegiatan Asean Plus Cadet Sail 2024 Seminar and Sail onboard KRI Bimasuci pada bulan Agustus 2024 mendatang.

Disela-sela kunjungan ke Mabesal, Panglima TLDM Laksamana Tan Sri Abdul Rahman bin Ayob didampingi istri Puan Sri Dr. Norinah binti Mustapha dijadwalkan melaksanakan official dinner bersama Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali beserta Pejabat Utama Mabesal dan delegasi Malaysia di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat. (Fat/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook