Debat Pamungkas Capres 2024, Anies-Prabowo-Ganjar Siapkan Jurus Jitu

By Indonesia Maritime News 04 Feb 2024, 09:01:46 WIB Politik
Debat Pamungkas Capres 2024, Anies-Prabowo-Ganjar Siapkan Jurus Jitu

Keterangan Gambar : Tiga Capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Foto: Ist



Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA:  Debat pamungkas Pilpres 2024 putaran kelima atau terakhir digelar Minggu (4/2/2024) malam. Debat ketiga Capres 2024 ini berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, dan disiarkan secara langsung atau live streaming.

Baca Lainnya :

Tema debat yakni soal Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan Inklusi.

Ketiga capres, yakni Capres nomor urut 01 Anies Baswedan, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo telah siap menghadapi debat ini.

Ketiga Capres pastinya telah menyiapkan jurus jitu untuk tampil terbaik. Ketiganya mengumpulkan energi dan materinyang cukup untuk menghadapi berbagai pertanyaan daat debat. Berikut persiapan ketiga capres.

ANIES: BUKAN HAFALAN

Capres Anies Baswedan tidak memiliki agenda internal maupun kegiatan kampanye. Anies mengatskan hanya ingin beristriahat yang cukup, agar kondisinya fit saat menghadapi debat. Menurut Anies, debat tidak bisa dihadapi dengan hafalan.

"Setiap kali muncul pertanyaan, muncul aspek, ya di ambil dari yang kita sudah pernah miliki. Karena itu tidak bisa dihafalkan. Karena memang bukan hafalan." kata Anies Baswedan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, dalam debat pilpres setiap kontestan tidak mengetahui apa saja yang akan ditanyakan oleh para panelis. Ia hanya akan mengikuti alur debat yang dilakukan sebelumnya. Karena, setiap ucapan dan pikiran yang disampaikan dalam debat berasal dari pengalaman yang pernah dilakukan sebelumnya. 

Salah satu materi dalam debat terakhir ini adalah Pendidikan. Seperti diketahui, Anies pernah menjabat sebagai Rektor Universotas Paramadina serta pernah menjadi Mendikbud.

Namun Anies mengatakan ia tidak hanya berfokus membahas salah satu isu dalam debat tersebut, karena semua isu sama pentingnya.

"Enggak ada yang khusus, semua isu sama pentingnya dan pasti semuanya akan muncul menjadi pertanyaan jadi kita bersiap untuk menjelaskan,” kata Anies di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat (2/2/ 2024) usai berdialog dengan DPD RI.

Anies mengatakan tidak memiliki persiapan khusus karena pertanyaan dalam debat masih berupa rahasia. Ia mengatakan akan memberikan jawaban secara spontan.

PERSIAPAN PRABOWO

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto mengatakan memerlukan persiapan yang matang, menghadapi debat pamungkas. Prabowo sendiri sempat berseloroh mengatakan ia dag dig dug menghadapi debat terakhir.

Prabowo mengatakan ia mengikuti latihan debat, simulasi dan pemantapan materi. Ia mengatakan Cawapres yang mendampinginya, Gibran Rakabuming justru lebih serius mengikuti latihan.

"Sekarang Mas Gibran sudah santai, saya yang dag dig dug. Malu sama Mas Gibran, latihannya benar. Jadi saya mau latihan, takut nanti dikasih nilai rendah lagi saya," ucap Prabowo usai menghadiri festival Negeri Elok di Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (3/2/2024).

Sedangkan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, mengungkapkan Prabowo banyak membaca buku, sehingga pemahaman mengenai isi debat sudah sangat komprehensif.

Prabowo juga menyampaikan kepada Rosan bahwa waktu sekitar 2-4 menit dalam debat merupakan waktu yang sangat singkat untuk menyampaikan sesuatu yang sangat penting.

"Beliau orangnya juga sangat detail dalam memberikan pemaparan dalam sesuatu hal yang sangat penting, tapi beliau akan akan paling siap, lebih tepat,” ungkap Rosan usai acara Apel Akbar TKN Muda di Senayan pada Jumat (2/2/2024) lalu.

GANJAR SIAP

Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo juga mengaku telah siap menghadapi debat pamungkas. Meski mengaku tidak memiliki persiapan khusus, namun tim pemenangan Ganjar meyakini capres mereka sudah siap dengan tema yang didebatkan. 

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid menyebut Ganjat tidak memiliki persiapan khusus menghadapi. Ganjar diyakini telah menguasai tema debat kali ini, apalagi salah satu temanya mengenai inklusifitas.

"Kalau dibilang persiapan khusus, tidak ada. Karena Mas Ganjar memang sangat-sangat di dalam hatinya mengenai inklusi itu. Contoh, misalnya difabel," ucap Arsjad di acara 'Temu Kangen Disabilitas' di Jakarta, Minggu (4/2).

Diungkapkannya, Ganjar akan fokus pada penyediaan lapangan pekerjaan dan sekolah-sekolah disabilitas.
"Nanti juga kita ingin memberikan insentif untuk perusahaan, untuk mengajak teman-teman karena bukan apa-apa lagi, kita harus membangun secara bersama, secara gotong royong," ungkap Arsjad.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyelenggarakan debat kelima Pilpres 2024 pada Minggu (4/2/2023) malam. Debat ini akan menjadi yang terakhir sebelum pemungutan suara.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook