Tahukah Anda Rahasia Kebahagiaan di Sedekah?
-

By Indonesia Maritime News 28 Jan 2022, 09:24:26 WIB Ekspose
Tahukah Anda Rahasia Kebahagiaan  di Sedekah?

Keterangan Gambar : Sedekah adalah pememberian seseorang kepada orang lain. Fot:Indonenesiamaritimenews.com/Fat


IMN-Indonsiamaritimenews.com,JAKARTA:Seorang  wanita paruh baya tersenyum sendiri setelah melihat nasi bungkus yang diberikannya kepada tukang becak dimakan dengan lahab di daerah Grogol, Jakarta Barat. Ia terpaku memandangan dari kejauhan kelakuan anak bangsa yang belum beruntung itu menghabisi nasi dan lauk pauk yang diberikannya.

"Saya senang saja melihatnya dan ada rasa kepuasan membantu orang lain, " jelas Wanita yang bernama Wati ini, saat ditanya indonesiamaritimenews.com mengapa  ia tersenyum melihat nasi yang diberikannya kepada tukang becak.

Itu adalah bentuk sedekah yang diberikan Ibu Wati kepada orang lain. Banyak wanita lain yang berhati mulia melakukan hal yang sama, memberi  bantuan kepada orang lain. Sedekah adalah perbuatan unik memberikan hartanya kepada orang lain dan dia tidak takut kekurangan tetapi sebaliknya mendapatkan berbagai keuntungan dan merasakan kebahagiaan.Itulah hebatnya rahasia sedekah.

Baca Lainnya :

Sedekah atau Shadaqah adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu http://www.Indonesiamaritimenews.com melansir BAZNAZ Kota Bandung ,sedekah lebih luas dari sekedar zakat maupun infaq. Sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta, namun, mencangkup segala amal atau perbuatan baik.

Allah berfirman di dalam  Surat An-Nisa Ayat 114 yang artinya : 

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mendamaikan di antara manusia. Dan siapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keridhoan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar.”

Di dalam surat itu dijelaskan bahwa bersedekah merupakan upaya menemukan ridho Allah. Sedekah mengundang pahala dan kebaikan bagi pelaksananya.

Hukum sedekah dalam Islam ialah sunah atau dianjurkan. Jadi, apabila dikerjakan akan mendatangkan pahala dan kebaikan. Apabila ditinggalkan juga tidak mendatangkan dosa.

Namun, sedekah dapat berubah hukumnya menjadi wajib jika seorang muslim telah mampu dan berkecukupan berjumpa dengan orang lain yang kekurangan.

Allah sangat menyukai orang-orang bersedekah sebagaimana dikutip dari surat Al-Baqarah ayat 276 yang artinya :

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.”

hadis sedekah yang paling utama diriwayatkan Abu Hurairah R.A. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi setiap hari di saat terbitnya matahari: berbuat adil terhadap dua orang (mendamaikan) adalah sedekah; menolong seseorang naik kendaraannya, membimbingnya, dan mengangkat barang bawaannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah; Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan sholat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pada bulan Ramadan, Allah SWT membuka pintu pahala seluas-luasnya. Jaminan ganjaran pahala yang berlipat ganda membuat umat Muslim banyak berlomba-lomba berbuat kebaikan, bersedekah, dan beribadah saat Ramadan. Tak hanya kabar gembira soal pahala, bersedekah juga memberikan manfaat bagi si pemberi dan penerima.

Berdasarkan penelitian dari Harvard Business Scholl, kebiasaan memberi atau membantu sesama akan membuat mereka, para donatur merasa lebih bahagia. Penelitian tersebut menggambarkan bahwa kebiasaan memberi atau bersedekah dengan tulus membantu dan perasaan bahagia membentuk sebuah lingkaran yang saling terhubung. Orang yang bersedekah akan merasa hidupnya lebih bahagia dan orang yang merasa bahagia akan lebih banyak bersedekah. Begitu seterusnya.

Berikut ini keutamaan dan 5 keajaiban bersedekah yang dapat membuatmu bahagia :

1.Sedekah Merupakan Bentuk Rasa Syukur

Sedekah bisa dilakukan dalam berbagai cara. Sedekah juga jadi salah satu cara untuk bersyukur kepada Allah SWT. Salah satu hadist tentang sedekah:

“Setiap persendian manusia wajib disedekahi, setiap hari yang padanya matahari terbit. Beliau bersabda,”Mendamaikan antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, membantu seseorang dalam masalah kendaraannya lalu menaikannya ke atas kendaraannya atau mengangkat bawang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Beliau bersabda, “(Mengucapkan) kalimat yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang dia berjalan menuju masjid untuk sholat adalah sedekah dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2.Bisa Menolak Munculnya Penyakit

Bila kamu sakit, bersedekahlah. Ini merupakan salah satu keajaiban sedekah anak yatim. Bila sudah bersedekah dan belum juga sembuh, maka perbanyaklah lagi sedekah. Allah sedang mendengarkan doa orang-orang yang pernah kamu beri sedekah.

Keajaiban sedekah dan istighfar tidak hanya dapat membuat kamu sembuh dari penyakit. Sedekah juga bisa mencegah penyakit. Bila ada orang bermaksud jahat atau penyakit menyerang, sedekah akan menangkal bala.

3.Dalam sebuah hadist, Nabi SAW berpesan:

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Ada seseorang yang datang kepada Nabi SAW dan bertanya: “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?” Beliau menjawab” “Bersedekahlah sedangkan kamu masih sehat, suka harta, takut miskin dan masih berkeinginan kaya. Dan janganlah kamu menunda-nunda sehingga apabila nyawa sudah sampai tenggorokan, maka kamu baru berkata: “Untuk fulan sekian dan untuk fulan sekian, padahal harta itu sudah menjadi hal si fulan (ahli warisnya),” (HR. Bukhari dan Muslim).

4.Dimudahkan Mencari Rezeki Halal

Sedekah akan membuat kamu selalu ingat, bahwa kamu bekerja di bawah pengawasan Allah SWT. Inilah sebabnya, sedekah akan membuat kamu berusaha mengumpulkan rezeki dengan cara yang halal.

Rezeki halal yang dimakan seseorang akan membuat orang tersebut mudah mensyukuri anugerah yang diberikan Allah. Seperti dalam firman Allah SWT berikut:

“Maka makanlah yang halal lagi baik dan rezeki yang telah diberikan Allah kepada kalian. Dan syukurilah nikmat Allah jika kalian hanya kepada-Nya saja beribadah”. (An-Nahl:114).

Harta yang Disedekahkan akan Kekal di Sisi Allah

Harta yang kita sedekahkan di jalan Allah akan membantu kita kelak di akhirat. Allah nantinya akan menyimpan harta yang umatnya sedekahkan, dalam hadist yang dikeluarkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang bersedekah senilai dengan satu butir kurma dari hasil usaha yang halal dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah menerimanya dengan tangan kananNya, kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala kembangbiakkan sedekah itu untuk orang yang bersedekah seperti salah satu diantara kalian mengembangbiakkan anak kudanya sehingga semakin banyak sampai seperti gunung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada pula keajaiban sedekah subuh yang pahalanya ratusan ribu kali lipat. Yakni, sedekah kepada orang tua, hingga sedekah kepada ulama atau fuqaha.

5.Sedekah Melipatgandakan Pahala

Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena keajaiban sedekah di hari Jum’at adalah Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda :

“Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

Hari ini hari Jumat, bersegeralah menggapai ridho Allah dengan bersedakah. Imam al- Syafi"i  menyemangatii kita  dalam penjelasannya, bersedakah di hari Jumat mendapat pahala berlipat ganda berbeda dengan hari yang lain. (MAR)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 20 Komentar untuk Berita Ini