Ini Dia Strategi Pelabuhan Tanjungpandan Hadapi lonjakan Penumpang dan Arus Barang

By Indonesia Maritime News 15 Apr 2022, 07:03:13 WIB Pelabuhan
Ini Dia  Strategi Pelabuhan Tanjungpandan Hadapi lonjakan Penumpang dan Arus Barang

Keterangan Gambar : Rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2022 (1443 H), bertempat di Kantor PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan bersama seluruh stakeholder dilingkungan Pelabuhan Tanjungpandan, Kamis, 14 April 2022.


 Indonesiamaritimenews.com ( IMN), BELITUNG:  PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan menyiapkan beberapa strategi pelayanan pada masa puasa ,menjelang dan paska Lebaran 1443 H/2022

"Hal itu dilakukan untuk   mengantisipasi peningkatan arus kapal-kapal bermuatan strategis dan distribusi barang strategis/sembako untuk kebutuhan masyarakat Pulau Belitung serta lonjakan arus penumpang kapal laut yang diperkirakan akan mengalami kenaikan sebesar 200% dibandingkan tahun lalu," jelas   General Manager Regional 2 Tanjungpandan, Hambar Wiyadi, Jumat, (15/4/22).

Hambar menjelaskan  apa saja langkah strategi yang dilakukan Pelabuhan Tanjungpandan.

Baca Lainnya :

Pertama, penyiapan 4 (empat) dermaga sepanjang 230 M untuk prioritas penyandaran kapal bermuatan barang strategis dan kapal Ro-ro yakni dermaga 01, dermaga 04, dermaga 06 dan dermaga 08.

Kedua, untuk kelancaran arus kapal dan disrtribusi baran strategis masa lebaran 1443 H/2022 ini, pihak manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melakukan pengaturan penyandaran kapal melalui prioritas penyandaran kapal secara berthing window kepada kapal-kapal yang memiliki jadwal (schedule) tetap yang bermuatan barang strategis ini yang akan diatur dan disandar pada 4 dermaga yang telah disiapkan untuk disandarkan di dermaga tersebut. 

Ketiga, untuk pelayanan penumpang kapal  dilayani di dermaga 05 sepanjang 50 M’ untuk penyandaran kapal penumpang dengan tujuan Pelabuhan Tanjungpandan/Bellitung – Pelabuhan Pangkal Balam/Bangka yang dilayani KM. Express Bahari yang semual 2 kali pelayanan/minggu menjadi 7 kali pelayanan/minggu.

Keempat, untuk pengaturan pelayaran rakyat (Pelra) yang bermuatan barang strategis ini, pihak manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan akan melakukan pengaturan di dermaga 03, dermaga 04T dan dermaga 07 sepanjang 57 M’.

Kelima, untuk kelancaran kegiatan bongkar/muat barang di Pelabuhan Tanjungpandan masa lebaran tahun ini pun, Pihak Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjungpandan telah  menyiapkan back up area lapangan  di Lini 2 seluas 9.500 M2 yakni 7.500 M2.

Untuk kegiatan bongkar/muat curah kering seperti: cangkang, batu bara dan  batu split,  dan sisanya telah disiapkan lapangan penumpukan petikemas seluas 2.000 M2 untuk kegiatan stripping barang-barang  bermuatan strategis/sembako yang selanjutnya didistribusikan untuk kebutuhan masyarakat di Kabupaten Belitung Induk dan Balitung Timur.

Diharapkan dengan pola pengaturan melalui perioritas penyandaran kapal (berthing window) kapal bermuatan strategis dan back up area lapangan penumpukan di area lini 2, akan mampu membantu kelancaran arus kapal dan distribusi barang strategis menjelang masa lebaran 1443 H/2022 tahun ini dapat berjalan baik dan optimal di Pelabuhan Tanjungpandan.( Arry/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment