Bravo TNI AL, Aksi Heroik Prajurit Jalasena Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut Ambalat

By Indonesia Maritime News 17 Agu 2024, 19:07:44 WIB Hankam
Bravo TNI AL, Aksi Heroik Prajurit Jalasena Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut Ambalat

Keterangan Gambar : Prajurit TNI AL dipimpin oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo mengibarkan bendera merah putih di dasar laut Blok Ambalat, Kalimantan Utara.



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Prajurit Jalasena TNI AL melakukan aksi heroik dengan menggelar upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di dasar laut. Para prajurit mengibarkan bendera merah putih di dasar laut Blok Ambalat, Kalimantan Utara, Sabtu (17/8/2024).

Sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, selama penyelenggaraan Upacara HUT Ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI di IKN dan Istana Negara Jakarta, kekuatan tempur TNI AL siaga di berbagai perairan Indonesia. Termasuk pengamanan Laut selama upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dipimpin Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca Lainnya :

Sejumlah KRI TNI AL juga disiagakan di perairan sekitar IKN yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo.

Tidak hanya siaga melaksanakan pengamanan wilayah saja, di momentum ini Pangkoarmada II juga memimpin langsung upacara pengibaran bendera Merah Putih dari dasar laut, lalu dikerek dan dikibarkan di tiang puncak suar Karang Unarang yang berada di Blok Ambalat.

Sebelum Merah Putih dikibarkan di menara suar, dilaksanakan upacara di dasar laut yang dipimpin oleh Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo. Para prajurit membentangkan bendera Merah Putih di dasar laut dan memasangnya di tali sebelum dikerek di tiang suar.

Dari dasar laut Laksda Ariantyo mengucapkan selamat HUT Kemerdekaan RI. "Dari dasar laut perairan Ambalat, perbatasan Indonesia dan Malaysia, kami prajurit Jalasena TNI Angkatan Laut mengucapkan, selamat ulang tahun ke 79 Republik Indonesia. Nusantara Baru Indonesia Maju," seru Laksda Ariantyo.

Aksi heroik ini melibatkan sejumlah pasukan elit TNI AL yang sedang melaksanakan tugas pengamanan VVIP di IKN, di antaranya Prajurit Korps Marinir Satgas Ambalat, Kopaska dan Penyelam, Prajurit KRI unsur pengamanan, personel Lantamal XIII Tarakan, serta prajurit dari Pusat Penerbangan TNI AL.

Laksda Ariantyo juga mengatakan prajurit Jalasena selalu siaga. "Kondisi tersebut memberikan gambaran nyata bagaimana kesiapan jajaran TNI AL dalam mempertahankan setiap jengkal kedaulatan NKRI. Bravo TNI AL penjaga lautan Indonesia, Jalesveva Jayamahe," tegas Pangkoarmada II, Laksda Ariantyo. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook