HUT Ke-79 RI, Persatuan Purnawirawan TNI AL Upacara di Kapal Perang, Laut Teluk Jakarta

By Indonesia Maritime News 17 Agu 2024, 08:18:26 WIB Hankam
HUT Ke-79 RI, Persatuan Purnawirawan TNI AL Upacara di Kapal Perang,  Laut Teluk Jakarta

Keterangan Gambar : Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) menggelar upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di atas KRI Rajiman Wedyodiningrat-992 yang berlayar di laut Teluk Jakarta, Sabtu (17/8/2024).Foto: Property of indonesiamaritimenews.com



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) menggelar upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di atas KRI Rajiman Wedyodiningrat-992 yang berlayar di laut Teluk Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Acara yang mengusung tema 'Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan, Kita Tingkatkan Kesejahteraan Anggota TNI AL',  diselenggarakan selain untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, juga sebagai rasa syukur HUT ke-39 PPAL.

Baca Lainnya :

Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk membangun kebersamaan serta silaturahmi antara pengurus PPAL Pusat dan seluruh anggotanya serta prajurit TNI yang masih aktif. Kegiatan ini diharapkan dapat membangun dan mempererat silaturahmi lintas generasi.

Ketua Umum PPAL Pusat, Laksamana TNI (purn) Siwi Sukma Adji memimpin langsung pelayaran KRI Rajiman Wedyodinngrat-992 (RJW-992) yang berlayar dari Pangkalan Kolonlamil Tanjung Priok menuju Perairan Teluk Jakarta sekitar pukul 06.30 Sabtu pagi. Ikut hadir dalam rombongan ini jajaran pengurus teras PPAL.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di KRI RJW-992 diselenggarakan tepat pukul 10.00 WIB. Bunyi gaok kapal akan menandai puncak peringatan HUT RI di atas kapal perang yang difungsikan sebagai kapal bantu rumah sakit ini.

Upacara akan dilanjutkan mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlaean yang gugur di medan perang, serta tabur bunga di laut, dan syukuran pemotongan tumpeng.

Sebagai catatan, PPAL lahir pada 17 Agustus 1986 yang awalnya bernama Badan Kontak Purnawirawan Angkatan Laut (BKPAL). Sejak Desember 2021 hingga kini PPAL dipimpin oleh Laksamana TNI (purn) Siwi Sukma Adji. Memiliki moto Adhi Dharma Purnawira, PPAL kini beranggota sekitar 57.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook