Bentengi Prajurit, Diskum TNI AL Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Lantamal XII Pontianak

By Indonesia Maritime News 14 Sep 2023, 16:51:03 WIB Hukum
Bentengi Prajurit, Diskum TNI AL Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Lantamal XII Pontianak

Keterangan Gambar : Sesdiskumal XII Pontianak Kolonel Laut Dr. Imam Subekti (kanan) menyerahkan cenderamata kepada Danlantamal XII.Foto: Dispenal




Indonesiamaritimenews.com (IMN), KALIMANTAN BARAT: Narkotika dan obat terlarang (narkoba) mencengkeram semua lini. Bukan hanya masyarakat biasa, kalangan eksekutif, legislatif, yudikatif, bahkan aparat penegak hukum dan militer pun tidak sedikit yang jadi korban narkoba. Karenanya upaya membentengi diri dan pencegahan harus gencar dilakukan.

Dinas Hukum Angkatan Laut melaksanakan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) TA 2023 bersama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Barat. Kegiatan ini berlangsung di Mako Lantamal XII, Jl. Wajok Hilir Km.17, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Kamis (14/9/2023).

Baca Lainnya :

Sosialisasi diawali dengan sambutan Danlantamal XII Pontianak Laksma TNI Agoeng Moh.Kancana S. Kemudian sambutan dari Kadiskum TNI AL Laksma TNI Leonard Marpaung, yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Hukum Angkatan Laut (Sekdiskumal) Kolonel Laut (H)  Dr. Imam Subekti.

Dalam sambutannya Kadiskum TNI AL menyampaikan bahwa narkotika merupakan zat atau obat yang sangat bermanfaat dan diperlukan untuk pengobatan penyakit tertentu. Namun jika disalahgunakan atau digunakan tidak sesuai dengan standar pengobatan dapat menimbulkan akibat yang sangat merugikan bagi perseorangan atau masyarakat khususnya generasi muda.

Hal ini akan lebih merugikan jika disertai dengan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang dapat mengakibatkan bahaya yang lebih besar bagi kehidupan dan nilai-nilai budaya bangsa, yang pada akhirnya akan dapat melemahkan Ketahanan Nasional.

Penyampaian materi tentang UU Narkotika dan data penyalahgunaan Narkotika di wilayah Kalbar oleh Kepala BNN Provinsi Kalbar ,Brigjen Pol. Drs. Sumirat Dwiyanto. M. Si.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Tindak Pidana yang sering dilakukan oleh prajurit TNI AL, di antaranya Narkoba, Desersi, Penganiayaan, LGBT, UU ITE, Perkasal yang berlaku dan proses hukumnya oleh Tim Diskumal.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh 100 personel Perwira, Bintara dan Tamtama Lantamal XII Pontianak. Di akhir acara dilaksanakan penyerahan cindera mata dari Kadiskumal yang diwakili Sekdiskumal kepada Danlantamal XII dan kepada Kepala BNNP Kalbar serta penyerahan cindera mata dari Danlantamal XII kepada Kadiskumal. (Riz/Oryza)


 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook