Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2024, Pj Gubernur DKI: Terimakasih Insan Pers

By Indonesia Maritime News 28 Agu 2024, 17:50:28 WIB Nasional
Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2024, Pj Gubernur DKI: Terimakasih Insan Pers

Keterangan Gambar : Para Peserta Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2024 berfoto bersama dengan panitia pelaksana. Foto: property of indonesiamaritimenews.com



Indonesiamaritimenews.com (IMN)JAKARTA: Puncak acara Anugerah Jurnalistik MH Thamrin Award 2024 menghasilkan 21 karya terbaik dari 7 kategori yang dilombakan. Puncak acara dan penyerahan hadiah berlangsung Ruang Pola, Graha Ali Sadikin, Balaikota DKI Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengungkapkan rasa terima kasih kepada kalangan pers atas dedikasinya selama ini. Heru Budi juga menyambut baik penyelenggaraan MHT Award 2024. Ia menilai Anugerah Jurnalistik MH Thamrin adalah bentuk penghargaan terhadap insan pers.

Baca Lainnya :

"Terima kasih atas sinergi bersama insan pers untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap berbagai program dan kebijakan publik di Kota Jakarta," kata Heru Budi dalam sambutannya.

"Semoga anugerah jurnalistik MH Thamrin ini semakin memotivasi jurnalis untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan pers Indonesia," ucap Heru Budi.

Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh pers senior antara lain Ilham Bintang, Marah Sakti Siregar, Ketua Umum PWI Pusat Zulmansyah Sekedang, Anggota Dewan Pers yang juga Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Ketua PWI Jaya Kesit Budi Handoyo, serta Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Koharudin.

Ketua Panitia penyelanggara MHT 2024, Irdawati dalam laporannya menjelaskan, jumlah karya yang masuk tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. "Tahun ini animo peserta lebih besar dibanding tahun lalu," jelas Irdawati.

"Karya yang masuk, baik yang kami jaring sendiri maupun dikirim oleh peserta, ada 700 lebih. Dari jumlah itu kami kurasi menjadi 500 lebih. Lalu dikurasi kembali menjadi 487 karya yang dinilai layak untuk masuk ke tahap penjurian untuk tujuh kategori," ungkap Irda.

Proses penilaian berlangsung sejak 1 Juli 2024. Dari ratusan karya yang dinilai, dihasilkan 10 besar karya terbaik, lalu dinilai kembali 5 besar, dan hasilnya diperoleh 3 nominee untuk dipilih siapa yang menjadi juara.

Adapun penilaian dilakukan oleh 7 juri yang diketuai oleh DR. Aat Surya Safaat dengan anggota DR. Muhammad Theo Yusuf, DR. Retno Intani, Ir. Ronny Kusuma, Ir. Indra Utama, Aju Arilianto Tridjaka dan fotografer kawakan Arbain Rambey. Tim juri ini adalah wartawan-wartawan senior yang sudah kenyang pengalaman di bidangnya.

KARYA BERKUALITAS

Sementara itu Ketua PWI Jaya, Kesit Budi Handoyo menyampaikan apresiasinya terhadap karya-karya yang dikirimkan oleh para peserta.

“Karya-karya yang hadir dari peserta sangat luar biasa. Dewan juri yang kami pilih merupakan orang-orang yang kompeten di bidangnya, termasuk wartawan senior yang berpengalaman di media cetak, online, dan fotografi,” ujar Kesit dalam sambutannya.

Kesit juga mengungkapkan, kualitas karya jurnalistik yang terpilih pada anugerah tahun ini sangat luar biasa, mencerminkan dedikasi dan profesionalisme para jurnalis yang ikut serta.

“Pemberian penghargaan ini akan terus berlanjut dari tahun ke tahun. Kami berencana untuk membuat kegiatan ini lebih meriah di masa depan, tentu dengan koordinasi bersama Pemprov DKI Jakarta,” tambahnya.

Adapun parapemenang penghargaan Anugerah Jurnalistik MH Thamrin tahun 2024 yang terbagi dalam tujuh kategori sebagai berikut:

1) Pemenang kategori Jurnalistik Teks : RRI.co.id
2) Pemenang kategori Jurnalistik foto : Poskota.co.id
3). Pemenang kategori Video TV Streaming : antaranews.com
4) Pemenang kategori Video TV Terrestrial : CNBC news
5) Pemenang kategori Audio  Radio : Pro 3 RRI
6) Pemenang kategori Infograris :  Inews.id
7) Pemenang Kategori Tajuk Rencana : metrotvnews.com.

Sedangkan Ketua Umum PWI Pusat Zulmansyah Sekedang juga memberikan apresiasi tinggi terhadap suksesnya acara ini. Ia menekankan bahwa acara seperti MHT Awards tidak hanya memotivasi, tetapi juga menginspirasi para jurnalis untuk terus berkarya dan berprestasi.

“Ini adalah wadah kehormatan bagi karya jurnalistik, dan mestinya terus dilestarikan dan diselenggarakan setiap tahunnya,” ujar Zulmansyah.

Baik Ketua PWI Jakarta Kesit Budi Handoyo maupun Ketua Panitia, Irdawati menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap para mitra dan sponsorship dalam acara ini yaitu:

PT ASDP Indonesia Ferry, Bulog, Polda Metro Jaya, BTN, PLN UID Jakarta Raya, Sportify,  Taman Impian Jaya Ancol, Artha Graha Peduli & Artha Graha Network,  BNN, Pelindo, Djarum Foundation, PT Mustika Alam Lestari, TPK Koja, Bakrie Amanah, Bank DKI, PT Pelni, Sidomuncul, Indonesia Police Watch (IPW), IRC Tire & GT Radial, PT Berkat Indah Garment, FSMI, PN Jakarta Selatan, Ekomando, Gloskin, Klinik Bedah Plastik Queen, Sante Rejuvenozone dan Sepatu Bocorocco.(***)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook