Webinar ITL Tatanan Kepelabuhanan Nasional dalam menghadapi Persaingan Transportasi dan Logistik
Hari Ini

By Indonesia Maritime News 27 Jan 2022, 10:16:38 WIB Perhubungan
Webinar  ITL Tatanan Kepelabuhanan Nasional dalam menghadapi Persaingan Transportasi dan Logistik

Keterangan Gambar : Rektor ITL Trisakti DR.Ir. Tjuk Sukardiman, Fot: Ist


IMN-Indonesiamaritimenews.com,JAKARTA: Kelancaran transportasi dan logistik berperan penting  dalam meningkatkan perekonomian bangsa. Pelabuhan sebagai pintu bekonomi berperan signifikan. Saat ini pelabuhan tidak bisa lagi hanya "ongkang- ongkang kaki"  menunggu kapal datang menambatkan  kapal lalu melakukan bongkar muat, kemudian kapal membayar jasa bongkar muat dan uang pun masuk ke kas pelabuhan kemudian berimbas kepada penyetoran BUMN  pengelola pelabuhan ke kas negara.

Kini situasi bergeser pengguna jasa kepelabuhanan  seluruh dunia mencari pelabuhan yang dapat memberikan pelayanan  kelas dunia, mudah mengurus administrasi atau dokumen , bisa melakukan bongkar muat cepat dan nilai nominal pembayaran jasa ke pelabuhan yang kompetitif.

Pelabuhan dituntut harus terus menerus melakukan inovasi bila tidak maka akan ditinggalkan pengguna jasa.Tatanan Kepelabuhan harus terus dibenahi, untuk memenangan persaingan,   melancarkan transportasi  dan logistik.

Baca Lainnya :

Institut Transportasi dan Logistik( ITL) Trisakti  menjawab tantangan  dengan melakukan Webinar hari ini, Kamis, 27 Januari 2022.

Rektor ITL Tri Sakti Dr.Ir. Tjuk Sukardiman menjelaskan webinar mengusung,"Topic: Tatanan Kepelabuhanan Nasional dalam menghadapi Persaingan Transportasi dan Logistik," kata Tjuk menjelaskan kepada Indonesiamaritimenews.com.

Hadir dalam acara itu, sebagai pembicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan,Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,Rektor ITL Trisakti Tjuk Sukardiman yang juga menjadi Keynotes speech,Prof.Ir. Harun Al Rasyid Lubis,M.SC,PH.D, Laksamana TNI Prof.DR.Marsetio, S.I.P, M.M, Ir, Wahyono Bimarso,Dipl.HE,Ir. Arif Toha Tjahjagama DEA.

AGENDA

Agenda Pembahasan dalam pantauan Indonesiamaritimenews.com diantaranya ada tujuh pembahasan

Pertama, Arah Kebijakan Utama Transportasi Laut; Kedua,Alur pikir Rencana Induk Pelabuhan Nasional;Ketiga,Arah Kebijakan Pelabuhan Laut, dan kebijakan yang terkait; Keempat, keadaan Pelabuhan dan Pelayaran saat ini;Kelima,Bisnis Pelabuhan;Keenam Bisnis Kepelabuhan dengan KPBU;Ketujuh Port Digitalization( M.Arifin Mukendar)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment