Tiba di Banjarmasin, Tim Putih Ekspedisi Maritim Gelar Baksos dan Ziarah Makam

By Indonesia Maritime News 08 Sep 2023, 17:33:31 WIB Hankam
Tiba di Banjarmasin, Tim Putih Ekspedisi Maritim Gelar Baksos dan Ziarah Makam

Keterangan Gambar : Tim Putih Ekspedisi Maritim menggelar bakti sosial dan ziarah makam di Banjarmasin. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), BANJARMASIN: Memasuki etape kelima Tim Rute Putih yang tergabung dalam Ekspedisi Maritim TNI AL melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dan Ziarah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (07/09). Tim Putih tiba di Banjarmasin lewat jalur laut dengan menggunakan  KRI Layang-635 di bawah pimpinan Letkol Laut (P) Eko Darmawan.

Kedatangan Tim Putih Ekspedisi Maritim disambut oleh Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan dan Forkopimda Banjarmasin. Rombongan selanjutnya bersama-sama menuju TMP Brigjen TNI (Purn) H. Hassan Basry di Liang Anggang, Banjarbaru, Kota Banjarmasin.

Baca Lainnya :

Ziarah ini juga sekaligus melaksanakan tabur bunga di makam pendiri Batalyon ALRI Devisi IV di Kalimantan Selatan tersebut, bersama dengan Forkopimda yang dipimpin oleh Staf Ahli Bidang Pertahanan Hukum dan Politik, Sulkan S.H., M.H. mewakili Gubernur Kalimantan Selatan.

Rombongan dilepas oleh Sulkan menuju Monumen Proklamasi 17 Mei 1949 yang berada di Desa Mandapai Batu Bini, Kab. Hulu Sungai Selatan. Setibanya di Desa Mandapai, rombongan di sambut oleh tarian Kipang dan pembacaan sejarah singkat ALRI Divisi IV. Di tempat ini rombongan melaksanakan Bakti Sosial antara lain donor darah, khitanan massal dan pemberian sembako kepada anak yatim dan masyarakat sekitar.

Sebelumnya Tim Putih Ekspedisi Maritim telah berhasil menempuh 4 etapenya melalui jalur darat dan berhasil sampai ke Pangkalan Bun dilanjutkan oleh Lanal Banjarmasin dengan jalur laut dan darat. Tim Putih sendiri langsung meneruskan etape selanjutnya menuju Kandangan yang nantinya akan diterima oleh Lanal Kota Baru.

Turut hadir pula Danlanal Banjarmasin Kolonel laut Agus setyawan S.H., Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP., Dandim 1003/HSS Letkol inf Bayu Oktavianto Sudibyo, Kapolres Kab. HSS AKBP Leo Marthen Pasaribu SIK, Seketaris Daerah HSS Muhammad Noor, Camat Padang Batung Heri Otomo S. STP. MSi, dan Ketua IOF Cab. Kalsel Haryadi.

Selaras dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, pada kesempatan terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali telah menegaskan bahwa dimanapun prajurit TNI AL berada harus dapat memberikan manfaat pada masyarakat, dalam hal ini masyarakat di wilayah-wilayah yang dilalui ekspedisi maritim. (Riz/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook