Presiden Jokowi Berkemah Bersama 33 Gubernur di Titik Nol IKN Nusantara

By Indonesia Maritime News 13 Mar 2022, 17:03:29 WIB Teknologi
Presiden Jokowi Berkemah Bersama   33 Gubernur di Titik Nol IKN Nusantara

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi dan Ibu Iriana, Menteri BUMN Erick Thohir dan rombongan bertolak dari Yogyakarta menuju Kalimantan. Foto: Biro Pers Setpres


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA :Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya mengumpulkan 33 gubernur di area IKN Nusantara di Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Jokowi juga akan berkemah bersama beberapa gubernur di area lokasi tersebut.  

Presiden Jowi bersama Ibua Iriana Jokowi bertolak dari Sleman, DIY menuju menuju Kalimantan Timur pada Minggu (13/3/2022). Sebagaimana keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden bersama rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Kab. Sleman, DIY, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 13.00 WIB.

Setibanya di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Presiden langsung menuju hotel tempatnya bermalam, beristirahat untuk melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Baca Lainnya :

Jokowi direncanakan berkemah dan menginap di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Senin (14/3/2022). Sebanyak 33 gubernur dijadwalkan hadir ke lokasi berkemah tersebut. 

Semua gubernur yang hadir akan mengenakan pakaian adat daerah masing-masing. Mereka juga diminta membawa tanah serta air dari masing-masing provinsi. Informasih yang diperoleh indonesiamaritimenews.com, tanah dan air dari 33 provinsi akan disatukan ke dalam Kendi Nusantara. 

Dari 33  gubernur yang datang, hanya 5 gubernur yang ikut berkemah bermalam di titik nol IKN. Sebelumnya, Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan Presiden Jokowi bersama 5 gubernur di Pulau Kalimantan akan bermalam di lokasi titik nol IKN Nusantara, tepatnya di Penajam Paser Utara.

Lima gubernur yang berkemah dan menginap yaitu: Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

Khusus Gubernur Kaltim, Isran Noor membawa tanah dan air dari dua daerah yaitu dari Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser. Sebab IKN  sebagian masuk wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara dan sebagian Kesultanan Paser. Air dan tanah yang dibawa itu sebagai simbol mewakili Kesultanan di Provinsi Kaltim.(Arry/Oriz)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment