Kebahagiaan Sanif Pembersih Sampah Pantai Tanjung Pasir, Bila Pengunjung Gembira Pantai Bersih

By Indonesia Maritime News 13 Mar 2022, 11:34:52 WIB Hiburan
Kebahagiaan Sanif Pembersih Sampah Pantai Tanjung  Pasir, Bila  Pengunjung Gembira  Pantai Bersih

Keterangan Gambar : Sanif sedang membersihkan sampah Pantai Tanjung Pasir.Foto:indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenews.com( IMN): Matahari condong  ke Barat bersiap redup ke peraduan.  Desir ombak berlarian menyentuh Pantai Tanjung Pasir, menyambut senja.

Sanif ( 63) tahun, bergegas membersihkan Bibir Pantai Tanjung Pasir agar kembali bersih sebelum magrib. Ketika azan berkumandang ia pun  bisa menyelesaikan tugasnya dan melangkah ke masjid sujud kepada Sang khalik.

Ditariknya sampah pelastik,gabus, kayu  dan sampah lainnya lebih jauh dari bibir pantai  ke darat agar tak tertarik  ombak kembali kelaut.

Baca Lainnya :

Bila sampah  tak dapat ditarik dengan garpu kayu, alat kerja buatannya sendiri, maka sampah ditariknya dengan tangannya sendiri.

Bajunya kadang terkibas angin, dan ombak menderu kencang menjadi kidung laut menemani Sanif  melakukan aktivitasnya membersihkan pantai.

Bila sampah sudah ditarik jauh ke darat, "Lalu saya kumpulkan  disitu.Besok pagi diambil mobil sampah," kata Sanif di sela- sela kegiatannya  menarik  sampah dari tepian pantai sambil menunjuk lokasi
tempat pengumpulan sampah.

" Ngak apa-apa,"  kata Sanif nelihat pengunjung yang membuang sampah sembarangan bukan pada tempatnya. Ia tak marah bila lokasi yang sudah dibersihkan kemudian dikotori pengunjung yang datang, " Akan saya  bersihkan lagi. Mudah-mudahan  ada kesadaran membuang sampah tak sembarangan lagi tetapi pada tempat sampah yang disediakan, " harap lelaki berkulit hitam ini.

Lelaki asli kelahiran Teluk Naga, Tanjung Pasir ini memuji ,"Banyak pengunjung yang datang tidak lagi membuang sampah sembarangan tetapi  di tempat sampah yang sudah disediakan ," kata Sanif  tersenyum tipis  karena hal itu membantu pekerjaannya.

Alhamdulillah, " kata Sanif bersyukur menjalani profesinya sebagai pembersih pantai. "Sebelumnya saya bekerja  ditempat lain hanya di gajih Rp 700 ribu," katanya bersyukur.

Di sini, "Alhamdulillah," katanya lagi- lagi bersyukur,selain gaji bulanan lebih dari satu juta, setiap sore sehabis membersihkan pantai dan halaman parkir, ia juga dapat Rp 80 ribu dan sebungkus nasi makan malam.

Pantai Tanjung Pasir adalah destinasi wisata pantai di Banten yang layak untuk Anda kunjungi ketika Anda sedang berada di Tangerang, Banten. Pasalnya pesona pantai pasir yang disuguhkan memiliki pemandangan yang terbilang cukup menawan.

Data dan pandangan mata  yang dihimpun indonesiamaritimenews.com dalam perjalanan menuju lokasi Pantai Tanjung Pasir, ada rasa yang hilang, kini tak lagi  tampak tambak-tambak luas di kanan kiri jalan tergerus pembangunan jalan dan jembatan yang masih berlangsung.

Ada pemandangan yang  masih bertahan, di pinggir jalan masih terdapat banyak penjual yang menjajakan ikan dan kerang dan hasil laut lainnya. Namun udang hasil tambak tak lagi  terlihat .

Kendati demikian Wisata Pantai ini masih  menjadi pilihan favorit wisatawan, terutama wisatawan lokal mengisi masa liburan. Kawasan tepi laut ini disukai sebagai area berlibur bersama rekan dan keluarga.

Di pantai ini, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas wisata pilihan. Seperti memancing, berenang, maupun berkeliling menikmati pantai dan pulau-pulau  serta menyukuri nikmat atas ciptaan Allah SWT ini. Selain itu, wisatawan juga dapat menjajal beraneka ragam kuliner  menambah keseruan berlibur.

Andai Anda ke sini, Pantai Tanjung Pasir , akan melihat Sanif,  ayah dari enam anak itu melakukan pekerjaan membersihkan pantai setiap hari sehabis Sholat Asar sebelum magrib.

Hampir setahun Sanif menekuni profesinya sebagai pembersih pantai. " Saya senang pekerja di sini," ungkapnya lepas.

Ada satu hal yang membuat Sanif menyenangi profesinya. Dia ingin menyenangi orang lain dan bila orang lain senang ia bahagia melihatnya." Saya senang melihat pengunjung yang datang kemari  senang dan  gembira karena melihat pantai di sini bersih,"katanya senyum menunjukan garis bibirnya karena  merasa bahagia, apalagi ketika melihat pengunjung yang datang tertawa lepas, bercanda  bersama anak- anak mereka berlari ke sana- sini menikmati  pantai Tanjung Pasir yang bersih...( M.Arifin Mukendar)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment