Presiden Iran Ebrahim Raisi Wafat, Presiden Jokowi: Masyarakat Indonesia Sampaikan Duka Mendalam

By Indonesia Maritime News 22 Mei 2024, 02:12:53 WIB Politik
Presiden Iran Ebrahim Raisi Wafat, Presiden Jokowi: Masyarakat Indonesia Sampaikan Duka Mendalam

Keterangan Gambar : Momen ketika Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Iran Seyyed Ibrahim Raisi di Istana Bogor pada 23 Mei 2023. Foto: dok. presidenri.go.id




Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA : Ucapan duka cita kepada pemerintah Iran terus mengalir menyusul tragedi kecelakaan helikopter yang mengakibatkan Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi dan beberapa pejabat negara setempat wafat. Presiden Joko Widodo menyampaikan dukacita yang mendalam atas peristiwa tersebut.

Baca Lainnya :

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi kepada wartawan saat mengunjungi Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat, Selasa (21/5/2024).

“Pertama-tama pemerintah dan masyarakat Indonesia menyatakan duka yang mendalam atas wafat, meninggalnya Presiden Raisi di kecelakaan helikopter yang ditumpangi beliau,” ujar Presiden Jokowi.

Seperti diketahui, helikopter yang ditumpangi Presiden Iran Ebrahim Raisi dan rombongan berjumlah 9 orang antara lain Menteri Luar Negeri Hossein Amir-abdollahian,  Ayatollah Mohammad Ali Al-e Hashem seorang imam masjid di Tabriz mengalami kecelakaan.

Helikopter tersebut ditemukan jatuh di area hutan lebat di Dizmar, Provinsi Azerbaijan Timur. Lokasi jatuhnya pesawat ditemukan pada Senin (20/5) pagi waktu setempat melalui operasi pencarian ysng berlangsung selama sekitar 18 jam.

Presiden RI Joko Widodo ketika ditanya wartawan mengenai eungkinan dampak peristiwa tersebut terhadap ekonomi global berharap peristiwa tersebut tidak berpengaruh terhadap ekonomi dunia.

Presiden Jokowi berharap wafatnya Presiden Raisi tidak berpengaruh pada harga minyak dunia yang akan turut mempengaruhi harga komoditas lainnya.
“Karena kalau sudah harga minyak naik terdampak dari peristiwa itu, itu akan berdampak ke mana-mana, ke kenaikan harga barang lainnya. Kita harapkan tidak ada dampak seperti itu,” jelas Presiden Joko Widodo.

Sebagai catatan, Presiden Raisi pernah berkunjung ke Indonesia setahun lalu, tepatnya pada Selasa 23 Mei 2023. Dalam pertemuan di Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Joko Widodo dan Presiden Raisi membahas situasi geopolitik dunia dan menyepakati sejumlah kerja sama bilateral.

Sebelum Presiden Raisi meninggalkan Istana, Presiden Jokowi memberikan album foto. Kedua pemimpin tampak tersenyum melihat sejumlah momen kunjungan yang terekam oleh kamera. (Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook