Prajurit Lantamal VI Makassar Asah Kemampuan Raid Amfibi

By Indonesia Maritime News 29 Mei 2024, 08:46:50 WIB Hankam
Prajurit Lantamal VI Makassar Asah Kemampuan Raid Amfibi

Keterangan Gambar : Prajurit Marinir Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Yonmarhanlan VI), Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar  menggelar Latihan Raid Amfibi di Pantai Akkarena Tanjung Bunga. Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Prajurit Jalasena terus mengasah kemampuan dan ketangguhan. Salah satunya Raid Amfibi sebagai kemampuan operasi militer ofensif seperti yang dimiliki pasukan Marinir.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit Marinir Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Yonmarhanlan VI), Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar  menggelar Latihan Raid Amfibi di Pantai Akkarena Tanjung Bunga, Senin (27/5/2024).

Baca Lainnya :

Latihan ini dipimpin langsung oleh Komandan Yonmarhanlan VI (Danyonmarhanlan VI) Mayor Marinir Yusman Efendi. Latihan ini diawali dengan pergeseran pasukan (Serpras) dari Pantai Jalaria Mako Lantamal VI menuju Pantai Akkarena Tanjung Bunga Makassar.

Sebagai catatan, Raid Amfibi adalah kemampuan khusus yang dimiliki oleh korps Marinir sebagai pasukan perintis jalan dalam sebuah pertempuran. Raid amfibi adalah operasi militer ofensif, yaitu penyerbuan yang diproyeksikan dari laut melalui kapal ataupun perahu menuju darat dengan kekuatan amfibi.

Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Brigadir Jenderal TNI (Mar) Andi Rahmat M mengatakan latihan raid amfibi bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit Marinir sebagai prajurit matra laut yang disiapkan untuk menghadapi situasi pada saat penugasan, serta meningkatkan pengetahuan dan penguasaan prajurit tentang raid amfibi.

“Latihan raid amfibi tersebut rutin dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan tugas dan juga sebagai sarana mengasah kemampuan tempur prajurit secara individu maupun kelompok untuk menjaga keamanan NKRI”, ujar Danlantamal VI Makassar.

Hadir dalam latihan ini, Asisten Operasi (Asops) Danlantamal VI Letkol Laut (P) Andi Sulistiono. (Riz/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook