Penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru, 14 kapal Uji Petik,KSOP Tanjung Priok Lancarkan Arus Mudik

By Indonesia Maritime News 24 Des 2023, 19:11:30 WIB Pelabuhan
Penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru, 14 kapal Uji Petik,KSOP Tanjung Priok  Lancarkan Arus Mudik

Keterangan Gambar : Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Priok dan sejumlah instansi terkait siap menyelenggara kelancaran dan keamanan angkutan laut..Foto.Ist




Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Penyelenggaraan angkutan laut Natal dan Tahun Baru 2023/2024, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Priok dan sejumlah instansi terkait siap menyelenggara kelancaran dan keamanan angkutan laut.

KSOP sudah lakukan uji petik 14 kapal untuk melancarkan masyarakat yang akan mudik melalui angkutan laut.

Baca Lainnya :

Komitmen bersama disampaikan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok bersama Kepolisian Resort Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, PT Pelindo 2 Regional Tanjung Priok, PT Pelni DKI Jakarta, dan Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok.

Berbagai langkah strategis bersama dilakukan dalam upaya bersama untuk memastikan keamanan, keselamatan, kesehatan, dan ketertiban angkutan laut selama periode musim liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok,  Takwim Masuku, menyampaikan pihaknya sebagai penyelenggara utama di kawasan ini, telah melakukan berbagai  langkah  untuk meningkatkan pengawasan, keselamatan, dan pengamanan di pelabuhan.

“Kami sudah melakukan uji petik terhadap 14 kapal yang akan beroperasi pada musim Natal dan Tahun Baru 2024 serta membuka posko terpadu di Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok dari tanggal 18 Desember s.d. 8 Januari 2024 dan bekerja sama dengan PT Pelni dan PT Pelindo Regional 2 Tanjung Priok dalam pengawasan debarkasi dan embarkasi penumpang,”ungkapnya  pada jumpa pers, di Museum Maritim Indonesia,Jakarta Utara, di Kutip Minggu (24/12/23).

Ikrom B. Perwakilan Kepolisian Resort Pelabuhan Tanjung Priok, menekankan peran penting kepolisian dalam menjaga keamanan. “Kami telah meningkatkan patroli dan pengawasan di sekitar pelabuhan untuk mencegah potensi ancaman keamanan dan menurunkan 196 personil untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru di wilayah hukum Pelabuhan tanjung priok,” katanya.

Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, dr. Santi pada kesempatan yang sama mengingatkan kenaikan  kasus Covid-19 meningkat, dihimbau agar masyarakat mendatangi fasilitas kesehatan divaksin booster kembali. Hal itu perlalu dilakukan mengingat efisiensi vaksin booster hanya 6 bulan. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Tanjung Priok membuka layanan vaksin booster, untuk pencegahan penularan Covid-19 di pelabuhan Tanjung Priok.

Mereka melakukan ini sebagai  tugas rutin sehingga bisa mengupdate negara-negara yang memiliki trend kenaikan Covid- 19, dan melaksanakan SOP kedatangan kapal asing di Pelabuhan Tanjung Priok.

Senior Manager PT Pelindo 2 Regional Tanjung Priok, Denny Sonjaja, menyampaikan upaya perusahaan dalam memastikan operasional pelabuhan berjalan lancar. Pihaknya telah meningkatkan koordinasi dengan semua pihak terkait, dan meningkatkan fasilitas umum yang tersedia di terminal penumpang, agar para penumpang merasakan nyamanan.

Kepala Cabang PT Pelni DKI Jakarta, Anwar Sanusi, memberikan gambaran mengenai persiapan dan peningkatan layanan angkutan laut selama musim ini. “8 Kapal PT Pelni telah dilakukan uji petik dengan hasil laik laut, PT Pelni siap memberikan layanan yang optimal untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan selama musim liburan ini.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Priok, Retno turut memberikan informasi terkini terkait perkiraan cuaca laut selama periode angkutan ini. Mereka terus memantau kondisi cuaca laut dan memberikan informasi yang akurat kepada pihak terkait untuk mengantisipasi potensi gangguan akibat cuaca buruk, dan perlu diwaspadai potensi puncak musim hujan pada bulan Januari- Februari 2024.

KSOP dan instansi terkait di Pelabuhan Tanjung Priok berkomitmen menjaga keamanan, keselamatan dan kelancaran angkutan laut selama musim liburan.(Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook