Misi Kemanusiaan untuk Gaza, Prajurit Petarung Marinir TNI AL Arungi Kawasan Perang

By Indonesia Maritime News 19 Jan 2024, 09:04:31 WIB Internasional
Misi Kemanusiaan untuk Gaza, Prajurit Petarung Marinir TNI AL Arungi Kawasan Perang

Keterangan Gambar : Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyemangati prajurit Marinir TNI AL yang akan berangkat membawa bantuan untuk masyarat Palestina. Foto: Dispenal


Indonesiamaritimenews.co (IMN),JAKARTA: Menteri Pertahanan RI, Letjen TNI (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo memuji para prajurit terbaik TNI AL yang membawa misi kemanuasiaan untuk warga Palestina di Gaza.


Keberangkatan Prajurit Korps Marinir TNI AL dari Pasukan Khusus Intai Amfibi (Taifib) dan Denjaka yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Gaza, dilepas oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (18/1/2024).


"Saya sudah bicara dengan komandan satgas dan kapten kapal, dan beberapa kru satgas yang akan dipimpin oleh Laksamana Pertama Bimo Aji. Saya lihat disiplin sangat baik, moril, dan semangat,” kata Prabowo dalam sambutannya saat melepas keberangkatan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 .

Baca Lainnya :


Para prajurit petarung yang tergabung dalam Satgas Muhibah/Port Visit ke Mesir TA. 2024 akan mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat yang terdampak akibat konflik yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina.


Prabowo mengatakan, misi kemanusiaan ini bukan operasi yang mudah, karena prajurit TNI AL bakal berlayar melewati perairan yang cukup berbahaya. “Tugas ini cukup berbahaya karena mereka akan lewat kawasan perang, yaitu sekitar Teluk Aden, Laut Merah, Red Sea, yang sekarang sedang berkecamuk bisa dikatakan perang terbuka,“ ungkap Prabowo.


Namun, lanjut Prabowo, sebagai negara yang mendung Palestina, Indonesia merasa tidak punya musuh dari Yaman. "Kita juga sebagai negara non blok punya hubungan baik dengan negara yang ada di situ," sambung Prabowo. "Kita berdoa semua agar anak-anak Indonesia yang sedang berangkat selalu dilindungi Yang Maha Kuasa," ucapnya.


"Terima kasih KSAL, terima kasih Mabes TNI yang telah bekerja keras menyiapkan kapal ini," kata Prabowo. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan lembaga lainnya yang telah banyak menyumbang.

KEWASPADAAN DAN SOLIDITAS

Menhan Prabowo juga menekankan pentingnya kewaspadan dan solidaritas dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini. “Saya yakin dan percaya, Komandan Satgas dan Komandan Kapal akan memimpin saudara-saudara dengan sebaik-baiknya. Tingkat latihan, disiplin, dan semangat saudara-saudara akan membawa kesuksesan dalam menyelesaikan tugas ini,” tambah Prabowo.

“Ingat saudara mewakili seluruh bangsa Indonesia. Jaga kehormatan bangsa Indonesia. Jaga kehormatan TNI, jaga kehormatan Angkatan Laut yang kita banggakan dan dicintai seluruh rakyat Indonesia,” pesan Menhan.

Turut hadir sejumlah pejabat utama TNI dan Polri mendampingi Prabowo antara lain Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, para pejabat utama (PJU) TNI, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran dan sejumlah pejabat lainnya.

Prajurit Korps Marinir berangkat bersama KRI dr. Radjiman yang mengangkut 214 kru, dijadwalkan berlayar selama 52 hari dari Jakarta, Batam, menuju El Arish, Mesir, dan kembali ke Tanah Air. Satgas ini juga dijadwalkan untuk port visit di Jeddah, Arab Saudi.  

Bantuan sebanyak 80 truk yang saat ini ada di KRI dr. Radjiman, terdiri atas pampers (532 karung), pakaian anak-anak (600 karung), pakaian dewasa (700 karung dan 500 boks), susu (800 kardus), biskuit (650 dus), air mineral galon (1.254 galon), air mineral kardus (1.700 kardus), obat-obatan (460 kardus), selimut (450 karung), jaket (450 karung), dan mie instan (470 kardus). Jumlahnya jika dikelompokkan sesuai wadahnya, ada 4.080 kardus, 2.732 karung, 500 boks, dan 1.254 galon. (Riz/Oryza)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook