Orasi Lantang Anies Baswedan di Monas Mendunia: Free Free Palestine, Stop Zionist Israel!

By Indonesia Maritime News 06 Nov 2023, 08:59:41 WIB Internasional
Orasi Lantang Anies Baswedan di Monas Mendunia: Free Free Palestine, Stop Zionist Israel!

Keterangan Gambar : Anies Baswedan memberi jempol perjuangan kepada para aksi untuk kemerdekaan Palestina Foto: property of indonesia



Indonesiamaritimenews.com (IMN,JAKARTA: Aksi Bela Palestina di Monas, Minggu (5/11/2023) pagi diisi dengan orasi sejumlah tokoh, salah satunya Anies Baswedan. Ia lantang mengajak peserta aksi meneriakkan yel yel 'free free Palestine!'. Orasi Anies ini yang sebagian menggunakan Bahasa Inggris bukan hanya disiarkan media lokal, tapi juga media asing.

Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga bakal calon presiden ini mengatakan tempat mereka berkumpul sejatinya bukanlah lapangan Monas, melainkan 'Lapangan Medan Merdeka'. Hal ini merujuk pada nama jalan di sekitar monumen bersejarah tersebut.

Baca Lainnya :

Anies kemudian meminta para peserta aksi untuk mengikat syal bendera Palestina di tangan kanan. Para peserta aksi juga diminta untuk merekam seruan dukungan kepada Palestina. Ia menyerukan agar pesan dukungan kepada Palestina hari ini terus digencarkan agar dilihat masyarakat dunia.

"Kita berkumpul di sini karena mengirimkan pesan kepada dunia bukan untuk berkumpul di sini untuk kepentingan kita," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/11/2023).

"Kita ingin dunia melihat bahwa dari sebuah negeri paling timur dikirimkan fajar kebangkitan Palestina," seru Anies dengan berapi-api membakar semangat peserta aksi. "Biar dunia menyaksikan dari Lapangan Medan Merdeka dikirimkan pesan kemerdekaan untuk Palestina. Allahukbar! Allahuakbar!" teriak Anies yang dibalas dengan gema takbir.

"Saya ingin ajarkan tambahan yel. Free free Palestine, free free Palestine, free Palestine," seru Anies. "Biarkan suara rakyat yang mewarnai dunia, bukan suara dari mikrofon ini," seru Anies.

"Rekam dengan kamera anda semua. Free free Palestine!". Seruan 'free free Palestine pun menggema di Lapangan Monas.

Anies mengatakan, biafkan dunia mendengar bahwa dari Tanah Indonesia kita menyuarakan penolakan terhadap penjajahan. Anies pun mengajak massa meneriakkan 'Hei hei ho ho. Occupation no more!'

Anies juga menegaskan, dari Medan Merdeka kita menyerukan menolak jadi penonton atas tragedi yang terjadi di Gaza. "Kita meneriakkan kepada dunia untuk menegakkan keadilan!"


Peserta aksi Bela Palestina di Monas. Foto: propeety of indonesiamaritimenews.com

Anies juga mengatakan, kita bangga dengan Kementerian Luar Negeri. "Kita bangga denga  Ibu Menteri Retno (Menlu) yangvtelah mewakili Indonesia di forum dunia," lanjut Anies.

Anies kemudian membacakan desakan kepada dunia. "Mendesak agar, buka blokade di Gaza! Biarkan bantuan masuk! Biarkan rakyat Gaza mendapatkan yang mereka butuhkan!".

Anies juga menyerukan blokade terhadap Israel, menuntut gencatan senjata dan menuntut pertangung jawaban mereka. Anis bersama massa lalu kembi meneriakkan yel-yel 'free free Palestine. Hey hey ho ho. Occupation no more!'.

'Let the people the word. See all of us here in the National Monumen of Indonesia. We are sending the massage of peace to the word. Never let violence goes unchallenged, we have to line up and stop zionist Israel from continuing the violence in the land of Palestine!", teriak Anies.

"Send the massage to across the word. That the Indonesian will never stand by, we will always stand up against colonialism, againt violence. We will fight for independence of Palestine!," seru Anies.

Free free Palestine! Free free Palestine, Anies mengakhiri pidatonya dan berpesan agar masyarakat tetap menjaga keteetiban dan keteduhan.

Orasi Anies di aksi Bela Palestina yang berapi-api tidak hanya disiarkan media lokal, tapi juga media online maupun televisi luar negeri.

AKSI BELA PALESTINA

Seperti diketahui, aksi Bela Palestina di Monas pada Minggu (5/11/2023) pagi dihadiri oleh sekitar 1,5 juta peserta dari berbagai penjuru Jabodetabek serta daerah lain.

Pantauan indonesiamaritimenews.com sejumlah tokoh menghadiri aksi Bela Palestina antara lain: KetuabDPR Puan Maharani, Menlu Retno Marsudi, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Tokoh lainnya yang juga hadir yakni Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid,
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan sejumlah tokoh lintas agama.

Acara ini dikoordinir oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan Ketua Pengarah Prof. Dr. Dien Syamsuddin, Ketua Korlap Ustad Bachtiar Nasir dan Sekretaris Korlap Pdt. Jimmi Sormin. Dalam kegiatan ini Polda Metro Jaya menurunkan 3.448 personel gabungan. (Fat/Riz /Arry/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook