Malam Nisfu Syaban dan Amalannya, Ini Kata Ustad Abdul Somad

By Indonesia Maritime News 17 Mar 2022, 13:18:12 WIB Teknologi
Malam Nisfu Syaban dan Amalannya, Ini Kata Ustad Abdul Somad

Keterangan Gambar : Alquran dan Tasbih.Foto: Indonesiamaritimenews.com


Indonesiamaritimenew.com (IMN),JAKARTA: Bagi umat Muslim, malam Nisfu Syaban adalah salah satu malam yang dinanti-nanti. Sebab malam Nisfu Syaban banyak memberi keberkahan. Tahun ini malam Nifsu Syaban 1443 Hijriah di Indonesia  jatuh pada Jumat 18 Maret 2022.

Nisfu Syaban diperingati setiap tanggal 15 bulan kedelapan (Sya'ban) Tahun Hijriah. Nisfu Syaban dikenal sebagai Laylatul Bara’ah atau Laylatun Nisfe min Sha’ban. Momen ini oleh umat Islam dimanfaatkan untuk beribadah sepanjang malam.

Malam Nisfsu Syaban adalah momen yang dinantikan umat Muslim delain malam Lailatul Qadar. Umat Islam mengisi malam penuh berkah ini dengan amalan-amalan sunnah antara lain solat sunnah, zikir, dan membaca Alquran. 

Baca Lainnya :

Mengapa Nisfu Syaban sangat istimewa, tentu ada karena banyak keistimewaan yang terkandung di dalamnya. Data yang dirangkum indonesiamaritimenews.com dari berbagai sumber,  Nisfu Syaban adalah malam dibukanya 300 pintu rahmat dan juga pintu ampunan Allah SWT.

Hadist tentang Nisfu Syaban bisa dilihat dari Abu Hurairah RA, di mana Rasulullah SAW bersabda: 

"Jibril telah datang kepadaku pada saat malam Nisfu Syaban lalu berkata, 'Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat. Oleh karena itu, bangun lah dan dirikanlah sholat, serta angkatlah kepala dan kedua tanganmu ke langit (berdoa).' Kemudian Nabi bertanya, 'Apakah arti malam ini?' Jibril pun menjawab, 'Malam ini telah dibukakan 300 pintu rahmat dan pintu ampunan. Allah SWT mengampuni dosa sekalian orang yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu. Kecuali seorang ahli sihir, tukang ramal, orang yang suka bermusuhan, orang yang suka mengadu domba, pemabuk, orang yang durhaka pada kedua orang tuanya, dan orang yang memutuskan silaturahim. Mereka tidak akan diampuni Allah." 

Lalu amalan apa saja yang bisa dianjurkan?  Para ulama menganjurkan umat Islam menjalankan amalan pada malam Nisfu Syaban. Salah satunya, Ustad Abdul Somad (UAS). Beliau menganjurkan untuk membaca Surah Yassin dan amalan-amalan lainnya. 

MEMILIKI KEMULIAAN

UAS mengungkapkan, malam Nisfu Syaban memiliki kemuliaan. "Pada malam Nisfu Syaban Allah memperlihatkan mahluk Nya. Allah memberikan perhatian khusus.

Diampunkan dosa semua makhluk-Nya yang meminta di malam itu, yang berdoa di malam itu, yang bermunajat di malam Nisfu Syaban," ungkap UAS.

Namun ada pula yang tidak dikabulkan doanya. "Allah memperhatikan semua mahluknya pada maam Nisfufu Syaban. Allah mengampunkan semua mahlukNya kecuali dua, yang tidak diberikan ampunan, syirik dan orang yang belum berdamai," tegas UAS dalam ceramahnya di laman Youtube.

UAS juga menjelaskan,  Rasulullah tidak menyebutkan amalan apa, atau amalan khusus yang harus dikerjakan. Hanya saja Rasulullah memberi petunjuk di malam Nisfu Syaban kerjakan amaln.

Bila ada amalan-amalan khusus yang disarankan, kata UAS, itu adalah ijtihad para ulama. "Kalau ada yang mengatakan harus baca dzikir ini baca doa ini, baca ini itu ijtihad dari para ulama," jelas UAS. Menurut UAS, tentang malam Nisfu Syaban, ada dalam hadist di mana Syekh Nashiruddin Al Albani yang mengatakan hadist ini bisa diterima.( Arry/Oriz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment