KM Umsini Terbakar, Operasional Pelabuhan Makassar Berjalan Normal

By Indonesia Maritime News 09 Jun 2024, 15:03:26 WIB News
KM Umsini Terbakar, Operasional Pelabuhan Makassar Berjalan Normal

Keterangan Gambar : Seorang penumpang KM Umsini yang terbakar di Makassar sedang menjalani perawatan medis. Foto: dok. Pelindo



Indonesiamaritimenews.com (IMN), MAKASSAR: Insiden kebakaran yang menimpa KM Umsini di Pelabuhan Makassar, Sulsel, tidak membuat aktivitas keluar masuk kapal terganggu.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 menyatakan, insiden kebakaran yang menimpa KM Umsini yang tiba di Pelabuhan Makassar pukul 01.30 WITA dari Baubau dan akan melanjutkan pelayarannya ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, tidak mengganggu operasional di Pelabuhan Makassar.

Baca Lainnya :

Abdul Azis, Executive Director 4 Pelindo Regional 4 mengatakan bahwa pihaknya juga turut membantu penanganan atas insiden kebakaran yang menimpa KM Umsini pada Minggu (9/6/2024) pukul 05.45 WITA tersebut.

"Kami menyiapkan ruang tunggu di Terminal Penumpang Anging Mammiri yang dapat menampung sebanyak kurang lebih 3.000 orang penumpang," ujarnya.

"Alhamdulillah seluruh penumpang dari atas kapal berhasil turun dengan selamat," kata Abdul Azis.

Seluruh calon penumpang ditampung di terminal penumpang. "Kapasitas terminal penumpang di Pelabuhan Makassar sangat siap sekali dengan kapasitas total kurang lebih 3.000 orang," sambung Abdul Azis.

Dia menambahkan, pada prinsipnya Pelindo tetap berupaya memberikan rasa nyaman, tertib, dan aman kepada para penumpang yang akan tetap melanjutkan perjalanannya ke Surabaya dan ke Jakarta.

Pelindo sebagai pengelola terminal penumpang Pelabuhan Makassar akan memberikan jaminan kebersihan dan ketersediaan kebutuhan para penumpang seperti ruang untuk ibu menyusui, mushola, toliet yang bersih, dan pendingan ruangan atau AC, untuk memberikan rasa nyaman kepada para penumpang.

"Semoga ini bisa tertangani dengan baik sehingga meskipun tertunda keberangkatannya, mereka tetap bisa tiba di tempat tujuan dengan selamat," tukas Abdul Azis.

TIDAK TERGANGGU

General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin menambahkan bahwa insiden kebakaran KM Umsini juga tidak mengganggu aktivitas keluar masuk kapal di Pelabuhan Makassar.

"Info dari Pelni, ada penumpang kurang lebih 400 orang yang akan menuju Surabaya dan sisanya sekitar 1.000 orang masih menunggu karena mereka akan lanjut ke Jakarta dan ke Kijang. Itu nanti akan kami tampung di sini (terminal penumpang). Sampai saat ini Alhamdulillah terminal penumpang di Pelabuhan Makassar masih aman-aman saja. Konsekuensi pasti ada, tapi kami upayakan seminimal mungkin," pungkas Iwan.

Seperti diketahui, KM Umsini yang mengangkut 1.677 penumpang terbakar saat sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Minggu (9/6/2024) subuh. Tidak ada korban jiea dalam insiden tersebut. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook