Kawal KRI REM-331 ke Hawaii, Hadapi Ancaman, Komando Pasukan Katak Siap Tempur di Laut

By Indonesia Maritime News 03 Jun 2024, 08:00:27 WIB Hankam
Kawal KRI REM-331 ke Hawaii, Hadapi Ancaman, Komando Pasukan Katak Siap Tempur  di Laut

Keterangan Gambar : Pasukan Khusus TNI AL dari Komando Pasukan Katak mengasah naluri tempur di atas KRI Raden Eddy Martadinata-331 yang sedang berlayar menuju Hawaii. Foto: Dispenal





Indonesiamaritimenews.com (IMN), JAKARTA: Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komando Pasukan Katak (Kopaska), mempertajam naluri tempur dengan berlatih Visit Board Search and Seizure (VBSS). Latihsn dilakukan di atas KRI Raden Eddy Martadinata-331 (KRI REM-331) yang sedang berlayar menuju ke Hawaii dalam rangka Latihan Bersama (Latma) Rim of Pacific (Rimpac) 2024, Minggu (2/6/2024).

Tim VBSS merupakan sebuah tim yang memiliki kemampuan pencarian, penyergapan dan pembebasan kapal dan merupakan komponen wajib pada KRI yang dimiliki oleh TNI AL untuk menekan berbagai bentuk ancaman di laut.

Baca Lainnya :

Latihan ini sebagai bentuk kesiapsiagaan prajurit menghadapi kondisi terburuk yang mengancam keselamatan selama kapal berlayar menuju tempat tujuan. Disamping itu, latihan ini juga bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur prajurit dalam mendukung kesiapan operasional kapal perang menghadapi berbagai tindak pelanggaran hukum yang mengancam kedaulatan di laut.

VBSS juga menjadi satuan yang tidak terpisah dari unsur KRI dan harus terus dilatih agar terpelihara kemampuan baik secara individu maupun tim agar siap melaksanakan tugas.

Sepanjang pelayarannya menuju ke Hawaii, KRI REM-331 yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Adam Tjahja Saputra akan dikawal dalam pelayarannya hingga kembali ke Pangkalan Surabaya oleh pasukan khusus yang terpilih.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan implementasi dari Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang menekankan bahwa setiap Prajurit Jalasena Samudera harus mengasah naluri tempurnya untuk menghalau segala ancaman yang terjadi. (Arry/Oryza)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook